Kenapa keluar cairan dari anus?

MR Info Penanya: MR, Pria
Akhir2 ini anus saya seperti mengeluarakan cairan gitu dok, itu ada tanda2 peyakit gak dok,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MR,

Keluar cairan dari anus adalah suatu tanda adanya gangguan baik pada area anus atau rektum. Penyebabnya sendiri bisa beragam seperti diantaranya adalah infeksi pada sekitar anus yang bisa memiliki muara yang cukup panjang atau disebut fistula ani, adanya robekan di sekitar anus atau disebut fissura ani, adanya infeksi pada saluran pencernaan, polip di rektum, benjolan di anus ataupun penyebab lainnya.

Perlu diperhatikan apakah ada gejala lain yang timbul seperti rasa nyeri saat buang air besar, bau busuk dari area anus, rasa sakit nyag timbul saat duduk atau bergerak, iritasi di sekitar anus, diare, bab berdarah ataupun demam maka segera periksakan diri pada dokter untuk memastikan penyebabnya. Dimana jika penyebabnya adalah fistula maka perlu dilakukan penanganan lebih lanjut salah satunya adalah tindakan operatif untuk membersihkan infeksi dan lubang yang terbentuk.

Upayakan menjaga kebersihan diri, jaga pola makan agar tidak menimbulkan kesulitan buang air dan juga hindari kebiasaan duduk terlalu lama agar keluhan tidak memberat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Turunkan berat badan juga bisa jadi cara meningkatkan konsentrasi.

7 Cara Meningkatkan Konsentrasi yang Menyenangkan dan Tidak Bikin Bosan

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seseorang membutuhkan konsentrasi, untuk memproses segala hal yang terjadi. Bagi Anda yang merasakan penurunan konsentrasi, cobalah cara meningkatkan konsentrasi berikut ini, yang ternyata juga menyenangkan!