Kenapa katarak muncul bergantian?

AD Info Penanya: AD, Wanita, 24 Tahun
Malam dokter saya mau bertanya... kenapa katarak kok awalnya bisa muncul di satu mata (misal kanan) tapi kok tiba” berapa bulan mata kirinya juga kena terimakasij
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AD,

Katarak merupakan salah satu gangguan penglihatan pada mata dimana gejala awal akan dirasakan seperti melihat kabut yang agak mengganggu penglihatan, bila hal ini berlangsung terus menerus maka akan mengganggu penglihatan seseorang. Katarak dapat menyerang kedua mata namun biasanya tidak berbarengan atau setiap mata memiliki tingkat keparahan katarak yang berbeda-beda tergantung dari kekeruhan lensa mata, karena salah satu penyebab katarak merupakan proses degenerasi/ penuaan alami yang dialami oleh mata. 

Penanganan katarak sendiri hanya bisa dilakukan dengan cara operasi yang bertujuan untuk mengganti lensa mata yang sudah keruh dengan lensa mata buatan yang masih jernih. Meskipun kedua mata memiliki tingkat keparahan yang sama (sudah sama-sama matang) siap untuk dioperasi, dokter mata akan tetap melakukan operasi mata secara bertahap/ bergantian karena setiap operasi pasti memiliki risiko masing-masing, dimana operasi mata tetap memiliki risiko kegagalan untuk terjadi kebutaan meskipun kemungkinannya sangat kecil.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter mata untuk melihat apakah katarak yang Anda alami sudah siap dioperasi tau belum.
Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala sakit mata adalah nyeri pada mata

Sederet Gejala Sakit Mata Ini Tidak Boleh Disepelekan

Gejala sakit mata bisa bermacam-macam, dari mata merah, nyeri, gatal, dan berair, hingga pandangan yang kabur. Anda perlu mengenalinya agar bisa ditangani dengan saksama.