Kenapa kaki terasa panas jika tidur?

TK Info Penanya: TK, Wanita, 18 Tahun
Assalamualaikum dokterKenapa ya sudah satu minggu, kaki saya dari jari sampai mata kaki suka panas kalo lagi tidur kalo di rendem pakek air dingin urat nya suka nimbul, sama udah 3 hari selalu gatal gatal tanpa ada sebab, dan anehnya cuman terasa waktu saya sudah tidur. Itu kenapa ya? Apa efek cuaca karena bandung panas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TK,

Keluhan pada kaki terutama di malam hari dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Penyebabnya dapat timbul karena postur saat tidur, faktor lingkungan seperti udara atau cuaca, gangguan pada persendia, reaksi alergi, kaki kesemutan ataupun karena gangguan tidur seperti restless leg syndrome dimana kaki akan terasa tidak nyaman dan sering menggerak-gerakan kaki sehingga sulit untuk tidur.

Kondisi restless leg syndrome sendiri tidak diketahui pasti apa penyebabnya tetapi beragam hal dapat memicunya seperti kehamilan, mengalami stres, cemas, gangguan asupan nutrisi seperti kurang asupan zat besi, vitamin B12, magnesium, kebiasaan sehari-hari yang kurang baik seperti konsumsi alkohol, ataupun akibat menderita penyakit lain.

Jika keluhan menetap dan mengganggu, periksakan diri pada dokter untuk memastikan penyebabnya. Untuk saat ini yang bisa dilakukan adalah makan makanan bernutrisi, cukup beristirahat, olahraga teratur, kompres kaki dengan kompres hangat atau dingin dan keringkan setelahnya, dan perhatikan ada tidaknya keluhan lain seperti ruam kulit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus cacar air dapat menyebar melalui kontak langsung dengan penderita cacar air

Agar Terlindungi, Pahami Proses Penularan Cacar Air Berikut Ini

Proses penularan virus cacar air bermula dari terpapar bersin penderita cacar hingga kemunculan ruam dua minggu kemudian. Salah satu cara mencegah cacar air adalah menghindari menggaruk kulit.