Kenapa kaki setiap kali naik tangga dari lantai 1 ke lantai 4 terasa pegal dan kaku

EC Info Penanya: EC, Wanita
Dok aku mau tanya dong, kenapa yah kaki ku setiap kali naik tangga dari lantai 1 ke lantai 4 itu terkadang suka ngerasa pegel dibagian betis dan bahakan sakit dibawa jalan sepert kerasa kaku. Itu kenaoa ya dok.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EC,

Naik tangga atau aktivitas berjalan lain dapat membuat otot berkontraksi berulang dan juga terjadi proses penggunaan energi yang dapat membuat adanya penumpukan asam laktat di otot yang menimbulkan rasa pegal ataupun kram otot. Selain itu apabila tidak terbiasa berjalan atau berolahraga maka ketahanan otot dan tubuh tidak sebaik orang biasa mengingat naik tangga dari lantai 1 ke lantai 4 cukup lumayan berat dengan tingkat elevasi yang juga memicu kerja otot lebih.

Untuk itu perlu latihan dan berolahraga secara rutin untuk membuat ketahanan otot menjadi lebih baik dan juga tidak lupa melakukan peregangan sebelum beraktivitas agar tidak menimbulkan cedera risiko atau kram. Selain itu penting juga untuk banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan bernutrisi agar kadar elektrolit terjaga, cukupi kebutuhan istirahat, hindari terlalu banyak konsumsi kafein, kelola stres dengan baik agar tidak mudah terjadi kram otot.

Jika keluhan terasa tidak berkurang atau mengganggu, sampai menimbulkan rasa nyeri, bengkak, kesulitan berjalan atau gejala lain maka perlu untuk segera memeriksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram dan kejang otot pada saat tertidur biasa dialami oleh sebagian orang di area betis hingga telapak kaki

Kerap Kejang Otot Saat Tidur? Tenang, Anda Tak Sendiri

Kejang otot saat tidur sering terjadi pada orang dewasa dan hanya berlangsung sebentar. Salah satu penyebabnya adalah otot yang terlalu tegang. Kejang otot dapat diatasi dan dicegah dengan melakukan stretching.