Kenapa jika jalan atau berdiri terlalu lama betis terasa pegal?

PS Info Penanya: PS, Pria, 50 Tahun
Kenapa kalau jalan atau berdiri terlalu lama betis kaki saya terasa pegal kadang terasa gak kuat dok.perlu diketahui asam urat saya sudah diatas 12 apa ini ada hubunganya dok.trimakasih mohon saran dan pencerahanya .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PS,

Keluhan pada area betis dapat disebabkan karena beragam hal mulai dari kram otot, peradangan pada otot, cedera, gangguan pada tulang, sendi ataupun struktur lain pada betis ataupun kelemahan karena aktivitas fisik yang berat. 

Penyakit asam urat sendiri merupakan akibat penumpukan purin yang berubah menjadi asam urat. Penyebabnya sendiri adalah asupan makanan tinggi purin yang berlebih seperti jeroan hewan, makanan olahan laut atau seafood, daging merah, dan lainnya. Dimana normalnya pada pria adalah kurang dari 7 mg/dL. Jika dibiarkan dapat menimbulkan penumpukan kristal pada sendi seperti pada ibu jari ataupun bisa memicu pembentukan batu ginjal yang dapat mengganggu kesehatan ginjal.

Untuk itu perlu dilakukan pengobatan pada penyakit asam urat dengan memeriksakan pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam untuk menilai ada tidaknya gangguan pada organ lain seperti sendi dan ginjal. Nantinya juga penting untuk diet rendah purin dan perbanyak minum air putih. Keluhan betis juga dapat dikurangi dengan rutin berolahraga dan berlatih, serta mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi baik vitamin dan mineral sehingga kaki tidak gampang pegal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab asam urat perlu dikenali, untuk mencegah kekambuhan.

Agar Tidak Sering Kambuh, Kenali 7 Penyebab Asam Urat Ini

Mulai dari sering makan emping hingga kebiasaan mandi malam, hal-hal tersebut telah dipercaya sebagai penyebab asam urat. Benarkah demikian?