Hidung tersumbat tapi tidak ada ingus, kenapa?

FN Info Penanya: FN, Wanita, 15 Tahun
Hidung saya tersumbat dok tapi tidak ada ingus sama sekali,dan setiap tersumbat bisa buat saya jadi sesak nafas,keadaan yg seperti ini sudah saya alami lebih kurang 2 bulanan,setiap saya berobat selalu dikasi obat radang pilek tapi sampai sekarang blm ada ngerasain pengaruh obatnya,jadi saya harus gimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FN.

Hidung adalah salah satu panca indera yang dimiliki manusia, yang berfungsi untuk menghidu. Selain itu, hidung juga berperan penting dalam proses pernapasan, yaitu untuk menghirup dan menghembuskan udara. Karena fungsi hidung yang sangat penting tersebut, tentu akan sangat tidak nyaman apabila seseorang mengalami gangguan hidung.

Terkait kondisi Anda, hidung tersumbat tanpa ingus bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Pembesaran konka (salah satu bagian hidung) yang bisa disebabkan oleh rhinitis alergi atau rhinitis vasomotor
  • Peradangan pada rongga sinus (sinusitis)
  • Polip hidung
  • Septum deviasi

Sebaiknya pastikan dulu apa penyebab hidung tersumbat Anda. Berkonsultasilah kepada dokter spesialis THT agar dilakukan pemeriksaan dengan spekulum hidung, atau radiologi jika diperlukan. Dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebab hidung tersumbat Anda, misalnya obat-obatan untuk rhinitis dan operasi untuk sinusitis berat.

Untuk sementara, Anda dapat mencoba mengurangi konsumsi makanan pedas dan berminyak yang memicu lendir pada rongga sinus dan hidung. Pastikan udara yang Anda hirup bersih, jauhi asap, polusi, serta debu. Jika dibutuhkan, Anda dapat menggunakan air purifier agar udara dalam ruangan jauh dari kotoran.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat, 
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anatomi hidung terdiri dari bagian luar dan dalam, seperti sinus dan silia

Rincian Anatomi Hidung Manusia Serta Fungsi dan Cara Kerjanya

Anatomi hidung lebih kompleks dari yang terlihat. Begitupun dengan fungsi dan cara kerjanya. Sebab, organ yang satu ini ternyata tidak hanya berperan dalam proses pernapasan, melainkan juga dalam pengecapan makanan, bahkan pertahanan tubuh.