Kenapa hidung selalu tersumbat dan berair?

CP Info Penanya: CP, Pria, 22 Tahun
Tanya dok. Kenapa hidung saya selalu mampet (berlendir sedikit ) sebelah kadang kadang kiri terus ganti kanan dok.? Gimana cara mengatasinya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore CP,

Hidung tersumbat dan berair dapat disebabkan oleh beberapa gangguan pada saluran hidung mulai dari perdangan pada dinding hidung atau rhinitis yang bisa dipicu oleh reaksi alergi atau non alergi, infeksi di ronggan sinus, adanya polip atau jaringan di dalam ronggan hidung dan penyebab lainnya.

Untuk mengatasinya perlu memperhatikan apa yang menjadi penyebabnya, sebisa mungkin hindari pemicu seperti debu, udara dingin, bau-bauan tertentu, makanan atau minuman tertentu, asap rokok, dan lainnya.

Jika keluhan sudah berlangsung lama dan berulang maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis THT agar diatasi gejala yang timbul dan memberikan penanganan untuk mencegah pemicunya. Gunakan masker jika bepergian, upayakan suhu ruangan nyaman agar tidak memicu gejala, gunakan air purifier dan bisa mencuci hidung menggunakan air garam atau larutan salin untuk mencegah infeksi pada hidung. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengeluarkan lendir dari hidung dapat dilakukan untuk mengatasi hidung berair pada anak

5 Cara Mengatasi Hidung Berair dan Tersumbat pada Anak Secara Alami

Hidung berair dan tersumbat menyebabkan anak menjadi rewel dan mengganggu aktivitas. Kondisi ini dapat disebabkan oleh pilek, flu, hingga asap rokok. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meringankan hidung berair pada anak, seperti menggunakan air hangat, menjaga tubuh tetap terhidrasi, mengonsumsi makanan pedas, memosisikan bantal dengan nyaman, dan mengeluarkan lendir dari hidung secara mandiri.