Kenapa hidung sakit bila kena AC?

H Info Penanya: H
Dokter, saya mau tanya. Kenapa ya hidung saya selalu sakit dan perih sampai ke kepala kalau menghirup AC. Begitu juga kalau sedang minum es, padahal minum es nya juga hanya sekldikit. Terimakasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam H,

Keluhan nyeri pada hidung bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti rinitis, iritasi, sinusitis. Pada kasus Anda dimana hidung terasa nyeri hingga ke kepala kemungkinan bisa disebabkan oleh faktor iritasi. Adanya paparan AC atau minum es akan menyebabkan suasana di hidung menjadi kering dan mudah mengalami iritasi sehingga muncul keluhan nyeri. Selain itu adanya perubahan suhu yang terjadi mendadak, akan merangsang tubuh untuk beradaptasi secara cepat untuk menstabilkan suhu yang ada di dalam tubuh, perubahan yang mendadak ini dapat menyebabkan nyeri kepala.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut terulang kembali adalah dengan cara :

  1. Gunakan masker ketika sedang di ruangan ber AC.
  2. Atur suhu AC agar tidak terlalu rendah.
  3. Perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga kelembaban hidung dan kulit.
  4. Hindari makan makanan yang terlalu dingin.

Bila keluhan nyeri berlangsung secara terus menerus hingga muncul mimisan, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter THT untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit kepala belakang umumnya karena kerusakan saraf dan radang sendi tulang belakang

Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya!

Penyebab sakit kepala belakang yang sering terjadi adalah karena postur tubuh yang buruk, migran, radang sendi pada leher, hingga sakit kepala tegang.