Kenapa hasil tes pack negatif?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 1 Tahun
Siang dok bulan kemarin kan saya haid kenapa bulan sekarang belum haid pdhal pil KB uda habis ditespek heil negatif minum pil KB dilanjut ap nunggu haid dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AN,

Pil KB adalah kontrasepsi yang seringkali dipilih selain suntik KB karena cukup praktis dan tidak perlu disuntik setiap bulan atau setiap 3 bulan sekali, namun seringkali menimbulkan lupa minum pil.

Perihal terlambat haid, bisa saja disebabkan oleh efek samping penggunaan KB, karena salah satu efek samping pemakaian KB bisa berupa:

  • Siklus haid tidak teratur atau malah tidak haid samasekali.
  • Wajah jadi berjerawat.
  • Berat badan meningkat karena napsu makan meningkat.
  • Bercak flek pada wajah.

Bila Anda menghentikan pil KB, maka efek KB bisa saja menetap beberapa bulan hingga 1 tahun.

Bila Anda ingin menunda kehamilan, maka pil KB perlu tetap diminum secara rutin, meski Anda tidak haid, karena tidak haid bisa pengaruh hormon KBnya terlebih bila Anda sudah tes pack dan hasilnya negatif. Yang perlu dipastikan adalah Anda melakukan tes pack 7 hari setelah terlambat haid untuk menunjukkan hasil yang lebih akurat.

Untuk melancarkan haid, Anda perlu memperbanyak asupan sayur dan buah minum air putih yang banyak, dan olahraga yang teratur serta cukup tidur.

Bila Anda tidak yakin dengan hasil tes packnya, lakukan konsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.