Kenapa haid tidak teratur setelah tidak KB?

PP Info Penanya: PP, Wanita, 25 Tahun
Assalamualaikum dok. Saya tadinya pengguna kb suntik 3 bulan, tp skg saya berhenti menggunakan kb suntik karena saya jauhan sma suami. Saya terakhir suntik 5bulan lalu, selama saya suntik kb 3bln saya tidak haid, setelah saya stop saya haid tp knpa haidnya jd sebulan 2x ya dok? Apakah ada masalah dg haid saya atau normal saja? Terimakasih. Wassalamu'alaikum
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam PP,

Suntik KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang dapat dipilih ketika pasangan suami istri ingin menunda sementara kehamilan. Suntik KB ini ada yang dilakukan setiap 3 bulan dan setiap bulan, tentunya kandungan hormon yang terkandung didalamnya juga berbeda. Tubuh memerlukan adaptasi terhadap hormon tambahan ini, begitu juga ketika suntikan ini dihentikan maka tubuh juga memerlukan waktu untuk beradaptasi karena tentunya hormon tersebut tidak hilang begitu saja dari tubuh.

Namun bila muncul haid 2 kali dalam 1 bulan, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut :
  1. Ketidakseimbangan hormon.
  2. PCOS.
  3. Kelelahan.
  4. Polip rahim.
  5. Stres.

Bila hal ini berlangsung secara terus menerus dan muncul keluhan pusing, nyeri perut bagian bawah, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk mencari penyebab pasti kelainan yang sedang Anda yang alami.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.