Kenapa gigi sakit dari taring sampai geraham?

IA Info Penanya: IA, Wanita, 22 Tahun
Dok sederet gigi sebelah kiri atas dan bawah saya sakit ,dr gigi taring sampai gigi graham .itu knp ya dok . Pdhal yg brlubang cuma 1 di graham pojok atas . Udh mnum obat sakit gigi masih aja nyeri . Mohon pencerahhan nya dokter . Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IA,

Sakit gigi adalah keluhan yang timbul akibat beberapa gangguan pada gigi dan mulut seperti karena gigi berlubang, pertumbuhan gigi bungsu, radang gusi, gangguan persarafan gigi, adanya karang gigi dan pemicu lainnya.

Jika ada gigi berlubang, maka bisa menjadi pemicunya terlebih jika lubang sudah besar dan dalam dimana bisa berpengaruh pada saluran akar gigi dan persarafan gigi sehingga bisa menimbulkan keluhan nyeri yang lebih luas.

Jika sudah minum obat tetapi tidak ada perbaikan, jalan yang harus dilakukan adalah dengan memeriksakan gigi untuk menilai ada tidaknya peradangan atau infeksi yang timbul. Jika ada dokter gigi akan memberikan obat untuk mengatasi peradangan dan infeksi terlebih dahulu kemudian akan merencanakan tindakan selanjutnya seperti perawatan saluran akar, penambalan ataupun pencabutan jika gigi sudah tidak lagi bisa dipertahankan. Untuk mengurangi nyeri sementara bisa mengompres area yang nyeri dengan kompres dingin, berkumur dengan air garam, atau mengoleskan minyak cengkeh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan menyikat gigi yang buruk merupakan contoh penyebab abrasi gigi

Selesaikan Masalah Abrasi Gigi Anda dengan Penanganan Ini

Abrasi gigi biasanya disebabkan oleh menyikat gigit atau pengunaan tusuk gigi yang salah. Kondisi ini dapat ditangani dengan dua cara, salah satunya penambalan gigi. Untuk mencegahnya, cari pasta gigi yang digunakan dengan sesuai kondisi gigi.