Kenapa feses warna hitam dan berbau amis?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Hai Dok, mau nanya dong. Saya habis dirawat inap 4 hari akibat lambung dan anemia. Setelah dirawat pas pup, fesesnya berwarna hitam berbau amis gitu dok. Tapi tidak berdarah. Berbahayakah dok, apa penyebabnya?Makasih udah dijawab.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Feses yang berwarna hitam adalah feses yang perlu mendapat perhatian lebih lanjut, karena bisa saja normal atau memang sedang ada kelainan di dalam tubuh.

Berikut ini beberapa kemungkinan yang menyebabkan feses berwarna hitam seperti :

  1. Perdarahan dari lambung akibat adanya ulkus pepticum.
  2. Pecahnya varises esofagus.
  3. Konsumsi makanan atau suplemen dengan zat bezi yang berlebihan.

Bila sebelumnya Anda sempat rawat inap dan dinyatakan ada masalah di lambung dan terjadi anemia (kekurangan darah), maka kemungkinan yang terjadi adalah ada ulkus/ luka pada lambung, karena darah yang bercampur dengan cairan asam lambung akan berubah warna dari merah segar menjadi kehitaman. Dan bila hal ini berlangsung terus menerus dapat menyebabkan Anda kekurangan darah dan terjadi anemia. Bila kadar hemoglobin Anda sangat rendah, dokter akan melakukan transfusi darah selain pengobatan untuk lambungnya. Dokter penyakit dalam juga akan menyarankan pemeriksaan endoscopy untuk melihat kondisi lambung bagian dalam Anda secara langsung, sehingga bisa ditangani dengan tepat.

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan feses lengkap di laboratorium untuk memastikan ada darah di dalam kotoran Anda atau tidak.

Segera lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam untuk memastikan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)