Kenapa emosi tidak stabil bila di rumah ?

T Info Penanya: T
Permisi dok. Saya mau nanya. Akhir-akhir ini saya merasa emosi saya tidak stabil ketika dirumah. Seperti mudah marah, mudah mengeluarkan kata-kata kasar, cepat tersinggung dan selalu ketika berbicara menggunakan nada yg cukup kasar. Setiap tidur juga saya selalu terbangun di tengah alam dan tidak merasa tenang. Saya juga kadang merasa tiba-tiba sedih/putus asa. Tapi ketik saya berada diluar sya tidak seperti itu. Kira-kira kenapa y dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang T,

Emosi yang tidak stabil bisa disebabkan oleh banyak hal seperti stres, depresi, ada keinginan yang tidak kesampaian, ada masalah berat yang sedang dihadapi, lingkungan yang tidak mendukung, dll.

Bila emosi yang tidak stabil ini hanya terjadi di rumah, maka kemungkinan penyebab atau faktor pemicunya berasal dari orang-orang yang tinggal serumah atau adanya perasaan yang tidak nyaman dengan orang lain namun orang rumah yang menjadi tempat pelampiasannya atau adanya perasaan menahan diri karena takut dianggap orang luar Anda sedang stres, sehingga ketika di luar rumah Anda berusaha menunjukkan bahwa semua berjalan dengan baik dan tidak ada masalah.

Bila hal ini sudah berlangsung selama lebih dari 2 minggu, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

Selain itu Anda perlu merenungkan faktor pemicu atau hal apa yang menyebabkan perasaan Anda tidak menentu tersebut. Untuk gangguan tidur yang Anda alami tentunya berkaitan dengan perasaan yang sedang Anda hadapi saat ini, usahakan minum susu hangat sebelum tidur atau melakukan meditasi untuk merelaksasi tubuh.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bangun tidur dengan baju dan rambut basah kuyup penuh keringat memang tidak menyenangkan

Berkeringat Saat Tidur, Bisa Jadi Gejala Penyakit Tertentu

Jika diiringi keluhan kesehatan lain, berkeringat saat tidur bisa jadi alarm terjadinya penyakit tertentu, mulai dari menopause hingga masalah saraf.