Kenapa emosi labil dan muncul halusinasi ?

NR Info Penanya: NR
Kenapa setiap kali berada di rumah dada saya terasa nyeri dan jantung berdetak dengan kencang? Apalagi ketika mendengar suara orang" di rumah.Lalu, kenapa setiap beberapa hari sekali, saya pusing, dan juga timbul suara seakan menyuruh saya untuk bunuh diri atau melukai diri sendiri? Selain, itu kenapa emosi saya sulit terkontrol? Bahkan terkadang sering melihat atau berimajinasi lebih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NR,

Keluhan-keluhan yang Anda alami berupa perasaan nyeri dada, jantung berdebar, pusing, emosi tidak stabil, muncul halusinasi, hingga pikiran bunuh diri seringkali disebabkan adanya beban masalah yang sangat berat dan tidak terselesaikan dengan baik, sehingga akan mengganggu mental Anda berupa depresi atau schizophrenia.

Bila hal ini berlangsung lebih dari 2 minggu atau bahkan sudah muncul halusinasi dan keinginan untuk mencelakai diri sendiri, maka segera lakukan konsultasi dengan psikiater untuk mendapat penanganan yang tepat. Semakin cepat diobati maka akan semakin baik hasilnya.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah coba kenali beban masalah apa yang sedang Anda hadapi, dan coba cari solusi pemecahannya, selain itu Anda juga bisa melakukan hal-hal di bawah ini :
  1. Berbagi cerita dengan orang lain yang Anda percayai.
  2. Lakukan aktivitas lain yang menyenangkan seperti bepergian dengan teman, bersantai di taman, dll.
  3. Lakukan olahraga secara teratur untuk mengalihkan pikiran negatif.
  4. Cukup istirahat dan hindari begadang.
  5. Lakukan meditasi atau yoga untuk merelaksasi tubuh.
  6. Hindari merokok dan konsumsi alkohol.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melakukan meditasi di alam terbukadapat memperkuat tubh dan membantu Anda lebih rileks

Terapkan Cara Menjaga Kesehatan Mental Berikut, demi Jantung Sehat

Menangani gangguan stres dan kecemasan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental, antara lain memotivasi diri, olahraga teratur, istirahat cukup, dan meditasi.