Kenapa dahak berwarna merah dan hidung meler?

AP Info Penanya: AP, Wanita, 24 Tahun
Selamat pagi dok saya mau tanya ini saya 1 bulan ini dahak saya berwarna merah dan hidung saya meler trs berwarna pink gitu dok kadang" warna nya seperti darah , kenapa ya itu dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AP,

Dahak yang berwarna merah adalah tanda dahak bercampur dengan darah dimana batuk berdarah sendiri bisa merupakan tanda gangguan pada pernapasan.

Penyebabnya sendiri diantaranya seperti:
  • Adanya iritasi pada saluran pernapasan
  • Infeksi pada saluran pernapasan
  • Mengalami mimisan
  • Adanya peradangan pada saluran pernapasan seperti bronkitis
  • Infeksi paru yang spesifik seperti tuberkulosis

Untuk itu perlu diperhatikan jika batuk lebih dari 1 minggu, timbul demam tanpa sebab yang jelas, penurunan berat badan dan nafsu makan, pembesaran kelenjar getah bening, keringat di malam hari maka perlu diwaspadai dan segera diperiksakan. 

Nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik wawancara mengenai kondisi yang dialami, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, pemeriksaan sampel dahak, foto rontgen ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Setelah diketahui apa penyebabnya baru akan diberikan pengobatan yang sesuai.

Untuk saat ini yang dapat diupayakan untuk mengurangi batuk berdarah adalah perbanyak minum air hangat, hindari pemicu gejala seperti paparan alergen, gunakan masker jika berada di tempat umum, hindari makanan atau minuman yang bisa mengiritasi dan hindari kebiasan merokok. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit yang muncul setelah terjadinya letusan gunung berapi biasanya seputar masalah pernapasan

Ini 3 Penyakit Akibat Pencemaran Gunung Meletus yang Harus Diwaspadai

Gunung meletus adalah bencana alam yang mengakibatkan pencemaran udara. Abu dan gas dari letusan gunung dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan, gangguan pada mata, dan penyakit kulit. Salah satu langkah yang harus dilakukan setelah gunung meletus adalah menggunakan masker.