Kenapa bulan kemarin haid, tapi bulan sekarang enggak?

AO Info Penanya: AO
Dok, saya ber umur 12 tahun. Pertama kalinya saya haid pada bulan Januari. Tapii pas bulan Februari saya gak haid, sampai sekarang juga saya masih belum haid. Aneh nya, setiap hari saya selalu keputihan semacam lendir bening gituu. Dan aku juga gak pernah deket sama lawan jenis apalagi pacaran. Kenapa ya dok? Kok ga keluar darah haid lagi sampai sekarang? Saya takutt?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AO.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gangguan pada haid merupakan keadaan yang dapat terjadi pada semua wanita. Umumnya keadaan tersebut terjadi karena adanya gangguan keseimbangan hormon. Namun, terdapat berbagai faktor lainnya yang bisa mempengaruhi.

Berikut beberapa faktor penyebab gangguan haid, diantaranya adalah :

  • faktor genetik atau keturunan
  • keadaan psikologis yang sedang tidak stabil, seperti stres dan gangguan kecemasan
  • sedang dalam program latihan tertentu
  • berat badan yang tidak normal, menurun atau meningkat secara drastis
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • penyakit pada alat reproduksi atau kondisi medis tertentu

Terkait keluhan Anda, pada masa awal haid setelah haid yang terjadi pertama kali (menarche), memang dapat terjadi gangguan haid karena keadaan hormon yang belum seimbang, hal ini juga berhubungan dengan hormon pubertas pada perempuan. Namun, apabila keterlambatan haidnya diluar 35 hari, sebaiknya diperiksa lebih lanjut.

Untuk sementara Anda dapat berkomunikasi dengan orang tua agar dapat dibantu untuk mengonsumsi air rebusan jahe dan bubuk kayu manis untuk melancarkan haid. Jika setelah mencoba tips tersebut selama satu minggu masih tidak kunjung haid, maka sebaiknya ajaklah orang tua untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis Kandungan agar dapat diketahui pasti penyebabnya, dan segera mendapatkan tindakan medis yang tepat dengan kondisi dan usia Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.