Kenapa buang air besar anak keras dan berat badan turun?

S Info Penanya: S
Anak saya umur4 tahun, byk mnum air ptih, knsumsi serat sprti syur n buah jg sdh byk, nmun dia sgt susah BAB, dr umur sthun mmng sdh ssh BAB,akhir2 ini smkin ssh, konsistensi ny kras kcil sprti batu, dan brat bdan mnurun, tolong djlaskn itu knapa y Dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Keluhan buang air besar keras dan sulit bisa memicu terjadinya sembelit. Terlebih jika buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Penyebab tinja yang makin kecil dan keras dapat disebabkan oleh asupan makanan, tetapi jika sudah banyak minum air putih dan mengonsumsi serat masih tetap keras maka perlu diwaspadai. Pemberian pencahar bisa menjadi solusi sementara tetapi perlu pengawasan dokter.

Hal ini juga perlu diperiksakan langsung pada dokter anak untuk menilai apa yang menjadi penyebabnya karena bisa terjadi gangguan pada saluran pencernaan seperti penyempitan, penyumbatan ataupun kondisi lain yang lebih jarang seperti penyakit hirschprung. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Titik refleksi tangan tidak hanya terletak di telapak tangan tapi juga terdapat di bagian pergelangan tangan dan tangan bagian atas

Titik Refleksi Tangan untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Titik refleksi tangan sudah diterapkan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Pengobatan tradisional ini dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi sembelit, sakit kepala, sampai untuk meringankan masalah pencernaan.