Kenapa bisa terlambat haid lebih dari 2 bulan?

TN Info Penanya: TN
Pagi dok,, mau tanya dong dok sy sudah telat mens lebih dari 2 bulan itu kenapa ya dok? Sy tahun kemarin baru ganti kb susuk apa itu pengaruh kb susuk itu ya dok? Semenjak pakai kb susuk itu mens sy tidak teratur dok. Kenapa ya dok? Apa itu wajar atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, T.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Menstruasi merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap wanita tiap bulannya. Normalnya, siklus mens wanita berlangsung setiap 28 hari. Tetapi, ada juga yang berlangsung setiap 21-35 hari. Kondisi ini masih merupakan kondisi yang wajar.

Namun, tidak setiap wanita selalu mengalami mens setiap bulannya. Pada beberapa wanita, ada yang mengalami keterlambatan haid. 

Penyebab telat menstruasi 

Beberapa penyebab telat mens yang sering terjadi, yaitu:

  • Faktor stres.
  • Kelahan aktivitas fisik.
  • Pola makan yang buruk.
  • Berat badan yang tidak ideal.
  • Penggunaan KB: pil KB, KB implan, dan KB suntik.
  • Kehamilan.
  • Kondisi medis tertentu seperti PCOS, gangguan tiroid, dll.

Terkait dengan gejala telat haid yang Anda alami ini, penyebabnya adalah karena pemakaian KB susuk (implan). KB implan merupakan salah satu KB hormonal sehingga sangat memepengaruhi siklus haid. Kondisi ini masih merupakan kondisi yang wajar. Anda tidak perlu khawatir. 

Agar Anda cepat mengalami menstruasi, Anda bisa melakukan pola hidup sehat dengan cara olahraga yang teratur, yoga, konsumsi makanan yang bergizi, menghindari stres, dan menjaga berat badan agar tetap ideal. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.