Kenapa bisa terjadi pembengkakan rongga hidung hingga sulit bernapas?

IR Info Penanya: IR
Permisi dokter, saya mau tanya. Saya sering banget mengalami kesulitan bernafas dan seperti ada sesuatu yang mengganjal di hidung saya. Kata dokter, saya mengalami pembengkakan rongga dalam hidung yang membuat saya sulit bernafas. Apakah ini karena saya pernah mengalami sinus ya dok? bagaimana penyembuhan yang benar untuk keluhan saya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IR,

Pembengkakan pada rongga hidung adalah kondisi yang bisa dipicu oleh reaksi alergi, infeksi karena bakteri atau virus ataupun karena trauma atau benturan pada hidung. Keluhan yang dapat timbul adalah seperti hidung tersumbat, pilek, rasa gatal di hidung, dan juga bisa sampai menimbulkan demam dan sakit kepala.

Pembengkakan rongga hidung yang dipicu oleh peradangan atau istilahnya sinusitis yang bisa terjadi secara akut jika gejalanya mendadak dan baru ataupun bisa menjadi sinusitis kronik atau menetap jika meradang dan membengkak lebih dari 12 minggu. Untuk mengatasinya sendiri tergantung dari keluhan yang timbul, jika sedang akut akan diberikan penanganan baik obat untuk meredakan nyeri, obat antiperadangan, semprotan hidung, pelega napas, ataupun terapi antibiotik jika ada infeksi bakteri.

Pada kasus yang menetap dan tidak mengalami perbaikan dengan pengobatan maka perlu dilakukan penanganan dengan tindakan operasi untuk membersihkan rongga hidung tersebut. Jadi ada baiknya kembali kontrol pada dokter spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut. Upayakan juga menggunakan masker untuk menghindari paparan alergen yang bisa memicu gejala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pilek biasanya merupakan virus, sementara sinus bisa juga disebabkan oleh pilek

Ketahui Penyebab Pilek dan Sinus Sebelum Berakibat Fatal

Pilek dan infeksi sinus jelas berbeda. Pilek biasanya terjadi hanya beberapa hari. Penyebab pilek biasanya merupakan virus, namun juga dipengaruhi faktor lain seperti usia, sistem imun, waktu, merokok, dan paparan. Sementara itu, sinus sembuh lebih lama dan memiliki gejala yang lebih parah.