Kenapa bibir terasa kering dan gatal?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 20 Tahun
Malem dok,sya ingin bertanya kenapa yah bibir saya selalu kering sengat kering sekali trs kadang kadang berdarah trs ada rasa gatal ,itu knapa yah dok apa sebabnya ,terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Gejala bibir kering adalah masalah pada bibir yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti kurang asupan cairan, paparan matahari dalam waktu lama, udara yang dingin dan kering, alergi terhadap makanan, produk perawatan atau kosmetik, kebiasaan menggigit dan menjilat lidah, kebiasaan menarik kulit bibir yang kering dan penyebab lainnya. 

Beberapa penanganan yang bisa dilakukan untuk mengurangi bibir kering dengan cara perbanyak asupan cairan, hindari penggunaan produk perawatan atau kosmetik yang mengiritasi, gunakan pelembap bibir seperti menggunakan petroleum jeli, hindari kebiasaan menjilat dan menggigit atau mencabut kulit bibir yang kering, atau bisa menggunakan bahan alami seperti madu, minyak kelapa, timun atau lidah buaya.

Jika sampai timbul keluhan bibir kering disekeliling bibir, kemerahan, tampak seperti kulit yang terkelupas, maka perlu dilakukan pemeriksaan agar diberikan penanganan lebih lanjut terutama jika timbul peradangan kulit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kulit ayam menyebabkan kondisi kulit yang mirip dengan kulit ayam tanpa bulu

Meski Tak Bahaya, Penyakit Kulit Ayam Bisa Ganggu Penampilan

Penyakit kulit ayam atau keratosis pilaris adalah penyakit yang disebabkan oleh terbentuknya keratin di pori-pori. Faktor penyebab penyakit ini yaitu faktor usia, memiliki kulit yang kering, mengalami obesitas.