Kenapa bibir tampak ada bintik putih di bibir?

MN Info Penanya: MN
halo dok, selamat soresaya mau bertanya, sekitar 3 tahun ini bibir bagian atas saya berbintik putih namun warnanya tidak merata dan tidak menimbulkan sakit/nyeri sama sekali tapi sangat mengganggu penampilan. seperti di bagian dalamnya berbintik2 putih tidak merata dan garis bibir berwarna gelap. apakah penyebabnya? terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MN,

Bintik putih pada bibir dapat disebabkan karena beragam penyebab seperti diantaranya adalah:

  • Bintik kelenjar minyak
  • Adanya peradangan kulit pada area sekitar bibir
  • Adanya infeksi kulit pada area sekitar bibir
  • Adanya gangguan pigmen kulit
  • Reaksi alergi atau iritasi
  • Milia atau bintik karena serpihan kulit yang terbentuk di kantung pada lapisan kulit

Jika sudah berlangsung lama ada baiknya dipastikan penyebabnya pada dokter spesialis kulit karena bisa mungkin disebabkan oleh adanya gangguan pada kulit disekitarnya. Upayakan juga hindari pencetus seperti produk kecantikan yang mengiritasi, makanan atau minuman yang mengiritasi, hindari kebiasaan seperti merokok, bersihkan area kulit wajah dan bibir dengan sabun pembersih secara rutin, dan hindari kebiasaan seperti menarik kulit bibir jika kering.

Upayakan juga terhindar dari paparan sinar matahari dalam waktu lama secara langsung dan gunakan tabir surya. Jika keluhan bintik semakin banyak atau melebar, terasa perih atau nyeri di area tersebut, dan timbul gejala lain segera periksakan diri. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari bahaya gula dengan mengurangi konsumsi hariannya

Penuaan Dini, Bahaya Gula yang Jarang Disadari

Tidak hanya membuat gigi berlubang dan meningkatkan risiko diabetes, mengonsumsi gula berlebih ternyata juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Salah satu bahaya gula yang jarang disadari adalah penuaan dini.