Kenapa betis seperti tertarik ketika split?

AZ Info Penanya: AZ, Pria, 14 Tahun
Gini dok, Saya kan suka split tapi belum bisa split yg lurus, di kaki kiri saya di bagian betis kayak ada urat yg menonjol nah ketika saya split di kaki kiri itu rasanya ketarik dok, Kalo kaki sebelah kanan gak yg seperti itu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AZ,

Split merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara meluruskan kedua kaki dengan arah yang berlawanan yang seringkali dilakukan oleh penari. Untuk mencapai split yang sempurna dibutuhkan latihan bertahun-tahun dan umumnya dilatih saat anak masih kecil, karena otot pada anak kecil lebih lentur dibanding dengan anak remaja atau dewasa. Rasa otot yang tertarik merupakan reaksi akibat jaringan di sekitar kaki dipaksa untuk meregang diluar batas kewajaran sehingga bisa menimbulkan rasa nyeri.

Sebaiknya sebelum melakukan split, Anda melakukan pemanasan dan pelenturan dahulu secara bertahap, dan jangan terlalu memaksakan diri bila sudah muncul rasa nyeri yang berat untuk menghindari cedera otot.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tendinitis atau radang otot tendon dapat diatasi dengan cara-cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah

Tidak Hanya Operasi, Radang Otot Tendon Dapat Diobati dengan Cara Sederhana Ini

Tendinitis atau radang otot tendon memang menimbulkan nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, kondisi ini bisa Anda tangani sendiri di rumah bila radang otot yang dialami tidak tergolong parah.