Kenapa berat badan terus meningkat?

TA Info Penanya: TA, Wanita, 27 Tahun
Pagi dok. Saya mau tanya. Berat badan saya terus meningkat padahal saya makan berat hanya sekali saja di siang hari dan itupun makanan sehat saya masak sendiri. Karbo, protein, vitamin mineral ada semua. Malam saya makan buah. Dan saya cardio tiap hari 1000kalori. Tapi besok paginya saya nimbang, berat badan malah naik. Tolong penjelasannya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TA,

Untuk mengetahui berat badan ideal perlu dilakukan perhitungan indeks massa tubuh. Indeks massa tubuh adalah hasil perhitungan berat badan dibandingkan dengan tinggi badan yang dikuadratkan (BB dalam kilogram / (tinggi badan dalam meter X tinggi badan dalam meter)) dimana jika hasilnya antara 18,5 - 24,9 maka di kategorikan dalam berat badan ideal.

Untuk menurunkan berat badan sendiri perlu memperhatikan kalori yang masuk dimana kalori masuk perlu lebih sedikit dari kalori yang diperlukan tubuh dalam sehat. Diet yang baik sendiri juga tidak melewatkan waktu makan sehingga baiknya makan berat tidak hanya 1 kali bisa beberapa kali tetapi dengan porsi yang lebih sedikit dan menu yang disesuaikan. Perhatikan juga kebutuhan istirahat dan tidur.

Jika saat ini sudah diet tetapi berat badan tetap naik maka hal tersebut bisa disebabkan karena asupan kalori yang masih lebih dari kebutuhan ataupun peningkatan berat bisa timbul karena pertambahan massa otot akibat olahraga berat yang dilakukan. Untuk itu ada baiknya berkonsultasi pada dokter spesialis gizi untuk menilai kondisi kesehatan Anda dan memberikan cara dan menu diet yang tepat agar bisa memiliki berat badan yang ideal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hal utama yang membuat gagal diet adalah komitmen dan motivasi yang tidak cukup kuat

Gagal Diet, Bisa Jadi karena Tubuh “Terpaksa” Kelaparan

Gagal diet bisa datang dari faktor internal maupun eksternal, keduanya sama-sama membuat diri sendiri tak bisa mempertahankan komitmen.