Kenapa berat badan anak susah naik?

SP Info Penanya: SP
Anakku usianya 1 th 9 bln tp berat badannya hny 8,8kg, susah bgt naiknya.. Dy sering bapil & mencret, gmn caranya ya dok untuk menaikkan BB nya?Akhir-akhir ini lg susah makan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SPR,

Untuk pengukuran berat badan pada anak balita bisa menggunakan kartu KMS (Kartu Menuju Sehat). Pada anak Anda didapat data usia 21 bulan dengan berat badan hanya 8,8 kg, maka sesuai dengan KMS, anak Anda berada di garis kuning yang menandakan berat badan kurang atau dibawah normal. Kurangnya berat badan ini bisa disebabkan oleh tidak napsu makan, cacingan, TBC paru, riwayat lahir prematur, adanya alergi tertentu sehingga asupan nutrisi tidak bisa bervariasi.

Bila anak Anda sering batuk pilek dan diare menunjukkan daya tahan tubuh anak Anda kurang baik sehingga berat badan tidak dapat naik, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter anak untuk dicari penyebabnya kenapa tidak bisa gemuk, apakah ada kelainan paru seperti infeksi TBC dimana sering muncul keluhan batuk yang tidak sembuh-sembuh, tidak napsu makan, sering demam, keringat malam, berat badan tidak naik.

Sementara beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai usaha menambah berat badan anak adalah dengan cara :

  1. Perbanyak asupan sayur, buah, dan protein.
  2. Hindari kebiasaan makan snack sebelum makan.
  3. Minum susu secara teratur.
  4. Berikan suplemen yang mengandung curcuma untuk menambah napsu makan.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tuberkulosis atau TBC termasuk penyakit yang bisa disembuhkan apabila diobati secara tuntas

Kabar Baik! Penderita Flek Paru-Paru Bisa Sembuh Total

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Kabar baiknya, TB bisa disembuhkan dengan total. Biasanya dokter meresepkan antibiotik selama 6-9 bulan.