Kenapa belum haid dan muncul gumpalan putih ?

ET Info Penanya: ET, Wanita, 21 Tahun
Kenapa belum haid dan sudah telat selama 1 minggu,, dan keluar gumpalan putih d area vagina.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi ET,

Keluhan haid yang terlambat selain kehamilan bisa disebabkan oleh :

  1. Stres.
  2. Kelelahan.
  3. PCOS.
  4. Peningkatan atau penurunan berat badan secara ekstrem.
  5. Pemakaian obat-obatan tertentu.

Bila Anda mengalami terlambat haid dan disertai dengan tanda-tanda kehamilan seperti payudara lebih sensitif, mual, muntah di pagi hari, badan lemas, lebih emosional, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack.

Bila hasilnya negatif, Anda dapat menggulang test pack tersebut 1 minggu kemudian untuk lebih memastikan. Bila hasilnya tetap negatif, Anda dapat melakukan tips berikut ini agar haid lebih lancar :

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Minum air putih minimal 2 liter per hari.
  3. Olahraga 30 menit setiap hari.
  4. Kurangi stres.
  5. Cukup istirahat dan hindari begadang.

Untuk keluhan muncul gumpalan putih di vagina bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur yang ditandai dengan keputihan. Sebaiknya Anda menjaga kebersihan area kelamin dengan cara basuh kelamin dari arah depan ke belakang dan keringkan, hindari pemakaian sabun pembersih yang mengandung pewangi, rutin mengganti celana dalam, serta hindari pemakaian celana yang terlalu ketat.

Bila dalam 3 bulan Anda tidak kunjung haid atau gumpalan semakin banyak, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stunting dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada ibu hamil dan anak

Pencegahan Stunting Penting Dilakukan, Ini Caranya

Stunting atau masalah gizi pada anak sangat penting untuk dicegah. Hal itu disebabkan stunting memengaruhi tumbuh kembang anak. Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan dan pemberian asupan nutrisi yang cukup pada anak. Oleh karena itu, stunting dan upaya pencegahannya sangat penting untuk diketahui oleh para wanita yang berencana atau sudah memiliki anak.