Kenapa bekas operasi masih sakit?

SR Info Penanya: SR, Pria
Maaf mau tanya pak Dok,?? saya hbis operasi hernia satu bulan yg lalu, saya bingung dok kerja saya kan gojek ,saya maksain aktivitas saya sbgy gojek, terus ud 3 hari saya gojek, tiba2 di bagian bks operasinya sakit lgi dok, Monoh penjelasanya dok....???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SR,

Hernia merupakan tonjolan akibat usus keluar dari rongga perut. Hernia ini timbul bisa akibat sering mengangkat beban berat, obesitas, kebiasaan mengejan, batun kronis, dll. Bila tonjolan ini tidak dapat kembali ke rongga perut atau sering keluar masuk dan memiliki risiko besar untuk terjepit, maka dokter bedah akan melakukan tindakan operasi untuk mengembalikan usus ke tempatnya semula dan menutup lubang yang ada di rongga usus tersebut. Sementara perut memiliki beberapa lapisan otot dan memiliki saaf-saraf yang tentunya memerlukan waktu panjang untuk proses penyembuhan secara total.

Kondisi Anda sebagai pengemudi yang mengharuskan duduk dalam waktu lama tentunya akan mempengaruhi proses penyembuhan di bagian perut bekas operasi tadi, terlebih bila kondisi Anda mengalami kegemukan dengan perut yang buncit, sehingga bagian perut akan semakin tertekan.

Sebaiknya luangkan waktu beberapa saat untuk berjalan atau berdiri sehingga perut tidak selalu dalam keadaan terjepit seperti ketika posisi duduk dalam jangka waktu yang lama. Selain itu Anda juga bisa mengenakan korset ketika duduk.

Bila keluhan nyeri dirasakan semakin memberat atau muncul tanda kemerahan, bengkak pada daerah perut bekas operasi, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter bedah yang menangani Anda sebelumnya.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hernia dapat diatasi dengan melakukan operasi hernia

Dua Jenis Operasi untuk Mengatasi Hernia

Hernia atau turun berok terjadi ketika organ dalam tubuh mendorong atau menekan jaringan otot, maupun jaringan ikat yang melemah. Untuk mengatasi hernia, 2 jenis operasi dapat Anda lakukan.