Kenapa bekas luka di tangan bisa hilang sedangkan di kaki tetap membekas?

K Info Penanya: K, Wanita, 18 Tahun
Dokter,saya ingin bertanya. Kenapa bekas luka ditangan bisa hilang sedangkan dikaki tetap membekas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore K,

Luka merupakan kondisi yang timbul karena adanya ruda paksa pada kulit dan jaringan lain yang lebih dalam yang dapat timbul akibat beragam hal seperti benda tajam, benda tumpul, benda panas atau dingin, sengatan listrik dan lainnya. Luka sendiri memiliki jenis dan penanganan yang beragam

Pada dasarnya luka dapat sembuh sempurna ataupun berpotensi menimbulkan bekas luka dipengaruhi beberapa hal seperti jenis luka, lokasi luka, kedalaman luka, perawatan luka, adanya penyakit penyerta dan faktor individu lain yang bengaruh selama proses penyembuhan luka. Jika dirawat dan ditangani dengan baik, luka dapat diminimalisir untuk tidak menimbulkan bekas luka. Meskipun demikian dapat juga terjadi bekas luka yang lebih besar seperti menimbulkan koreng, keloid, ataupun malah terjadi infeksi pada bekas luka.

Bekas luka yang sudah lama dan membekas sendiri bisa dihilangkan dengan beberapa cara seperti dengan menggunakan krim atau gel penghilang bekas luka ataupun tindakan medis seperti penyuntikan obat atau perawatan dengan teknologi laser atau tindakan medis seperti dermabrasi. Untuk itu jika memiliki bekas luka yang membandel dapat dihilangkan dengan diperiksakan pada dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Actinic keratosis dapat berpotensi menjadi kanker kulit

Waspadai Aktinik Keratosis pada Kulit Untuk Anda yang Sering Berjemur

Actinic keratosis terjadi saat kulit menjadi kasar pada wajah akibat paparan sinar UV dari matahari. Gejala yang muncul adalah bercak kulit yang berwarna kemerahan atau kecoklatan, kulit terasa gatal atau panas.