24 Nov 2020, 18:39Perut

Kenapa BB bisa berubah-ubah setelah makan?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Siang dok, kenapa ya berat badan habis bangun tidur sama setelah makan (meskipun sedikit) bedanya bisa signifikan bangett? boleh diinfo penjelasan logisnya? makasih dok.
201 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo SL,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Berat badan (BB) merupakan hal yang sensitive bagi sebagian orang. Semua orang ingin mempunyai BB yang ideal. Untuk mencapai BB yang ideal banyak cara yang harus dilakukan, salah satunya mengatur pola makan. Asupan kalori yang masuk harus seimbang dengan jumlah kalori yang dikeluarkan. Lain halnya dengan orang obesitas, asupan kalori yang masuk harus lebih sedikit dari kalori yang dikeluarkan.

Kenapa BB bisa berubah-ubah setelah makan?

BB bisa berubah-ubah setelah makan karena beberapa hal, antara lain :
  • Jumlah asupan kalori yang masuk
Sebaiknya saat makan kita memperhatikan jumlah asupan kalori yang masuk. Ada makanan yang tinggi kalori, dan adapula makanan yang proses percernaannya  lebih lama seperti makanan berlemak, sehingga mempengaruhi BB sebelum dan sesudah makan.
  • Perubahan hormon
Perubahan hormon seperti penggunaan kontrasepsi yang mengandung hormon, kehamilan, haid, menyusui dapat mempengaruh pola makan. Nafsu makan dapat meningkat sehingga dapat menambah BB.
  • Buang Air Besar (BAB)
BB juga dipengaruhi oleh sudah atau belumnya BAB. Karena saat setelah BAB BB akan berkurang sekitar 100 gram.
  • Timbangan yang tidak akurat
Jika timbangan tidak dikalibrasi, maka ini akan mempengaruhi BB. Anda sebaiknya menggunakan timbangan yang sama setiap menimbang BB. Kalibrasi secara berkala timbangan Anda.
  • Pemakaian baju saat menimbang
Usahakan Anda memakai baju seminim mungkin saat menimbang, karena pakaian yang tebal dan berlapis dapat menambah BB Anda.

Cara mendapatkan BB yang ideal

Cara mendapatkan BB yang ideal yaitu dengan mencari tahu terlebih dahulu berapa BB ideal dengan menghitung BMI. BMI normal berkisar 18,5-25. Cara menghitung BMI BB (kg) dibagi tinggi badan (cm). Kita dapat mengatur pola makan yang seimbang, berolahraga secara konsisten 5x dalam seminggu minimal 30 menit, perbanyak buah dan sayur, cukup minum air putih, dan hindari stress.

Makanan untuk melancarkan pencernaan

Makanan untuk melancarkan pencernaan yaitu sayuran hijau, kacang-kacangan, buah apel, susu fermentasi (yogurt), gandum utuh, dan oatmeal.Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis gizi untuk mendapat penjelasan yang lebih baik.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Lidya Hapsari
olahragamakanan dietsaluran pencernaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil