12 Sep 2021, 12:29Penyakit Lainnya

Kenapa bayi sering mengkakukan badan?

S
Info Penanya: S0
Dok, belakangan ini anak saya umur 1 tahun sering sekali mengkakukan badannya secara tiba-tiba. Saya pikir itu semacam becandaan, tapi kondisi ini sering dilakukan. Apakah bayi sering mengkakukan badan suatu hal yang berbahaya?
704 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat siang, S.Melihat anak berkembang dan bergerak aktif tentu sangat menyenangkan bagi para orang tua. Namun, bila melihat buah hati anda kaku seluruh tubuh secara tiba-tiba merupakan hal yang sangat tidak lazim dan menimbulkan rasa khawatir. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Mari kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini.

Penyebab kaku badan pada bayi :

  • Meregangkan otot. Biasanya bayi akan terlihat kaku bila sedang menggeliat untuk melemaskan otot tubuh bayi tersebut sehingga menimbulkan rasa nyaman.
  • Kejang. Namun, biasanya disertai dengan gejala lainnya seperti demam tinggi yang dapat menyebabkan kekakuan pada seluruh tubuh.
  • Kelainan pada otot. Kontaksi yang tidak normal terjadi terus menerus dapat menyebabkan kekakuan.
  • Saat mengejan. Tidak jarang ditemukan kekakuan pada tubuh bayi pada saat mengejan, hal ini disertai dengan muka yang memerah. Biasanya hal ini menandakan bahwa sang buah hati hendak buang air besar.

Hal yang dapat dilakukan di rumah :

  • Memposisikan bayi senyaman mungkin saat tidur
  • Memijat badan bayi secara perlahan untuk merelaksasikan otot pada tubuh buah hati.
  • Memastikan kembali bahwa kekakuan bukan disebabkan oleh infeksi penyakit lain seperti kejang. Melegakan saluran pernapasan bayi, jangan menggunakan pakaian yang ketat dan tidak ada yang menghalangi aliran udara bayi.
  • Mengenali tanda bayi sedang buang air besar sehingga tidak menimbulkan rasa khawatir.
Bila hal tersebut masih tidak teratasi, maka harus segera dicari tahu penyebab terjadinya kekakuan badan tersebut. Sangat diharapkan agar memeriksakan buah hati lebih lanjut kepada dokter spesialis anak. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
masalah tidur anakbayimasalah otot
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil