Kenapa bayi sering menangis?

AW Info Penanya: AW
as.dok mau tanya.?dri awal anak saya baru lahir sampai umur 2 bulan skrg,koq seringkali menangis dok.??mohon pencerahannya dok.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AW.

Bayi adalah usia tumbuh kembang, dimana bayi masih dalam tahap belajar berbicara, mengenal kata, sampai mengucapkan kalimat dengan lancar. Akan tetapi, walaupun belum bisa berkata-kata, bayi juga memiliki perasaan, sama seperti dewasa. Sayangnya, bayi belum bisa berkomunikasi dan mengungkapkan isi hatinya dengan kata-kata seperti manusia dewasa.

Untuk mengungkapkan perasaannya, bayi akan tertawa atau menangis. Bayi menangis apabila ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman, seperti:

  • Merasa lapar
  • Merasa haus
  • Suhu udara terlalu panas atau terlalu dingin
  • Rasa tidak nyaman karena popok atau pampers terlalu basah
  • Nyeri salah satu bagian tubuh
  • Kesepian
  • dan lain-lain

Oleh karena itu, disarankan agar Anda melakukan bonding dengan bayi agar tercipta ikatan batin. Dengan demikian, Anda akan belajar memahami apa arti tangisan bayi tersebut. Mempelajari sesuatu hal yang baru memang tidaklah mudah, tetapi Anda dapat mengusahakan yang terbaik untuk bayi Anda.

Jangan lupa untuk meminta dukungan suami serta keluarga dekat lainnya, apabila Anda mengalami kebingungan atau butuh berbagi perasaan. Apabila ada masalah yang tidak dapat diselesaikan dalam internal keluarga, atau timbul perasaan lelah dan tidak ingin mengurus bayi, jangan anggap hal tersebut sepele dan segera periksakan kepada psikiater, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sepatu anak membantu melindungi kaki Si Kecil ketika ia mulai berjalan di luar rumah sekaligus mendukung pertumbuhan kakinya

Tips Memilih Sepatu Anak Agar Mendukung Pertumbuhan Kakinya

Memilih sepatu anak harus memerhatikan fungsi, kenyamanan, serta ukuran yang tepat. Meski banyak model sepatu yang keren, Anda perlu memastikan bahwa sepatu pertama anak tidak menghambat pertumbuhan kakinya.