Kenapa badan sering lemas dan perut tidak enak

II Info Penanya: II, Pria
Dok kenapa saya sering badan lemas dan perut engga enak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang II,

Badan lemas adalah salah satu gejala yang timbul ditandai dengan kesulitan menggerakan tubuh, kelelahan, seperti tidak bertenaga baik pada satu bagian tubuh ataupun seluruh tubuh. Penyebabnya karena beragam faktor dimana gaya hidup dapat berpengaruh.

Penyebab badan lemas dan perut tidak enak sendiri diantaranya adalah:
  • Kurang istirahat atau kurang tidur
  • Mengalami gangguan tidur
  • Mengalami gangguan psikis seperti stres, depresi, atau cemas
  • Kurang asupan nutrisi seperti pola makan yang tidak teratur, asupan makanan yang kurang sehat dan kurang bervariasi
  • Kurang cairan atau dehidrasi
  • Menderita penyakit seperti infeksi, anemia, kekurangan kadar gula darah, mengalami gangguan jantung ataupun gangguan kesehatan lainnya

Untuk mengatasinya pertama-tama perlu mengubah pola hidup dengan memperhatikan pola istirahat dengan cukup tidur malam hari, perhatikan pola makan dengan makan yang sering sehari 4-5 kali dengan porsi lebih kecil, rutin berolahraga, upayakan memperhatikan kondisi psikis, jika perlu ambil waktu rehat sesaat untuk sekedar refresing dan juga bisa memeriksakan diri pada dokter untuk memastikan kondisinya mulai dari pemeriksaan fisik dan juga wawancara mengenai permasalahan yang bisa memicu timbulnya gangguan tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit perut perlu diketahui agar paham kapan harus menghubungi dokter

Kenali Penyebab Sakit Perut agar Dapat Penanganan yang Tepat

Penyebab sakit perut bermacam-macam bentuknya, biasanya disebabkan oleh gangguan pencernaan, sembelit, infeksi perut, atau kram saat menstruasi bagi wanita. Sakit perut juga dapat disebabkan oleh penyakit, seperti IBS, Crohn, keracunan makanan, alergi makanan, hingga GERD.