Kenapa badan sering lelah walaupun tidak melakukan aktivitas berat ?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 25 Tahun
Malam dok, saya mau tanya sudah 1 tahun terakhir ini saya merasa badan sering lelah walaupun tidak melakukan aktivitas berat, kram otot, mudah stres, rambut banyak yg rontok, dan sering mengalami kesemutan bgian kaki atau tangan serta susah untuk berkonsentrasi. Yg saya khawatirkan adalah penyakit autoimun lalu apakah gejala2 yg tadi saya sebutkan merupakan gejala untuk orang yg mengidap penyakit tersebut. Mohon jawabannyaTerima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BM,

Keluhan badan sering lelah walaupun tidak melakukan aktivitas berat, kram otot, mudah stres, rambut banyak yg rontok, dan sering mengalami kesemutan bagian kaki atau tangan serta susah untuk berkonsentrasi yang Anda rasakan dalam 1 tahun ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

  1. Faktor psikologis. Stres berlebihan seperti masalah di kantor atau masalah di rumah dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Daya tahan tubuh yang menurun ini menyebabkan munculnya berbagai keluhan dan membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit.
  2. Kurang olahraga. Kurang olahraga akan menyebabkan otot-otot menjadi kaku, dan mudah terasa lelah karena tidak bugar.
  3. Kurangnya asupan sayur, buah, dan protein sehingga tubuh kekurangan vitamin dan mineral yang sangat penting untuk metabolisme tubuh termasuk otak yang berperan untuk pusat konsentrasi.
  4. Aliran darah tidak lancar yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi di dalam darah.
  5. Penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, Sistemik Lupus Erythematosus (SLE), skleroderma. Hal ini dapat dideteksi melalui tes ANA di laboratorium.

Sementara yang dapat Anda lakukan di rumah adalah merubah pola hidup, usahakan melakukan pola hidup sehat dengan cara :

  1. Kurangi stres dengan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang menyenangkan seperti olahraga, piknik.
  2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta protein seperti telur, ayam, daging.
  3. Hindari makanan berlemak seperti gorengan.
  4. Rutin melakukan olahraga agar otot-otot tidak kaku.
  5. Cukup istirahat.

Bila keluhan yang Anda rasakan tidak kunjung membaik atau tidak ada perubahan atau bahkan bertambah parah seperti muncul bercak kemerahan di wajah, nyeri sendi, maka segera konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita lupus biasanya mengalami gangguan kulit seperti ruam-ruam di kulit wajah

Terapi Kulit untuk Lupus Tidak Hanya Berupa Anti Inflamasi

Penderita lupus tidak hanya membutuhkan obat antiinflamasi, tetapi juga obat untuk mengatasi ruam-ruam kulit di wajah. Kortikosteroid menjadi salah satu obat antiinflamasi yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kulit.