Kenapa badan lemas sampai muntah darah?

NB Info Penanya: NB, Pria, 20 Tahun
Dok saya fajri berumur 20 tahun, 4 hari ini saya mengalami pusing, di hari ke 3 setelah bangun tidur badan terasa lemes sekali, dan di hari ke 4 saya merasa mual mual sampai siang harinya saya muntah darah meskipun sedikit. Mohon bantuanya terimaksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NB,

Keluhan pusing bisa disebabkan oleh banyak hal seperti tekanan darah rendah, anemia, gangguan penglihatan seperti rabun jauh, infeksi telinga, hipoglikemia (kadar gula rendah), dll.

Keluhan yang Anda alami berupa pusing, lemas, mual, hingga muntah darah bisa disebabkan oleh gangguan lambung dimana ketika sedang sakit maka seseorang lebih jarang atau malas makan sehingga kadar gula menurun sehingga muncul keluhan pusing, lemas karena kurangnya asupan makan. Bila lambung tidak diisi makanan, maka asam lambung akan mengiritasi lambung itu sendiri sehingga muncul keluhan mual, dan bila dibiarkan maka lambung akan terluka dan berdarah, sehingga bisa muncul keluhan muntah yang disertai dengan darah.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Usahakan selalu makan, namun dengan porsi kecil dan lebih sering. Misal makan 3 sendok setiap 4 jam.
  2. Hindari makanan pedas, dan asama.
  3. Hindari konsumsi kopi.
  4. Hindari makanan dan minuman yang panas karena akan memperparah perdarahan di lambung Anda.
  5. Minum obat lambung yang dijual bebas di apotek.

Karena keluhan sudah cukup lama dan sudah ada muntah darah, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapat penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita maag yang ingin mengonsumsi obat cimetidine harus mengikuti petunjuk dokter

Cimetidine Obat Apa? Ini Jawabannya

Bagi Anda yang belum mengenal cimetidine pasti akan menanyakan ‘cimetidine obat apa?’. Obat cimetidine adalah salah satu obat yang biasanya diberikan saat seseorang mengalami gangguan peningkatan asam lambung. Obat ini bisa didapatkan di apotek maupun dengan resep dokter.