Kenapa BAB keras dan nyeri?

A Info Penanya: A
Permisi mau tanya kalau BAB keras dan anus nyeri setelah BAB itu kenapa ya? Dan solusinya gimana ? Soalny sudah sering kejadian setelah selesai BAB selalu nyeri hampir seharian. Terima Kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A,

BAB yang keras seringkali disebabkan oleh :
  1. Kurangnya asupan sayur dan buah.
  2. Kurangnya konsumsi air putih.
  3. Kebiasaan duduk dalam jangka waktu lama.
  4. Kebiasaan menahan BAB.

Bila kotoran keras maka orang akan mengejan untuk mengeluarkannya dan menimbulkan iritasi pada dubur berupa nyeri setelah BAB atau bisa muncul darah ketika BAB, keadaan ini disebut dengan wasir/ ambeien. Bila hal ini berlangsung terus menerus maka akan menyebabkan muncul benjolan di dubur yang akan memperparah keadaan. Berat ringannya wasir tergantung dari seberapa besar benjolan tersebut, apakah benjolan tersebut bisa masuk dengan sendirinya atau harus dimasukkan atau tidak bisa dikembalikan sama sekali. Penanganan akan bergantung pada derajat ambeien tersebut. Selain itu nyeri pada dubur bisa disebabkan oleh fisura ani, divertikulitis, kolitis iskemik.

Sementara untuk mengatasi keluhan BAB yang keras tersebut maka Anda perlu memperbanyak konsumsi sayur dan buah, dan minum air putih minimal 2 liter per hari, serta hindari menahan BAB, dan sebisa mungkin rutin BAB di pagi hari, dan hindari BAB sambil membaca koran atau bermain HP. Sedangkan untuk mengurangi nyeri pada dubur, Anda bisa berendam menggunakan air hangat.

Bila keluhan ini terus berlangsung maka lakukan konsultasi dengan dokter bedah.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering kentut bisa menjadi gejala dari adanya gangguan pencernaan tertentu

8 Kondisi yang Menyebabkan Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Kentut adalah hal yang normal karena merupakan bagian dari berjalannya proses pencernaan. Akan tetapi, sering kentut bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi ini juga bisa jadi pertanda dari gangguan pencernaan tertentu.