Kenapa BAB keluar darah?

M Info Penanya: M, Pria, 25 Tahun
Bab Susah kadang keluar darah Dan Kalo duduk juga sakit ITU kalo tiduran kepala berasa berputar2 gejala APA ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MG,

Hemoroid/ wasir/ ambeien/ ambeien adalah kondisi dimana muncul benjolan pada dubur sehingga menjadi sulit BAB dan seringkali muncul darah yang menetes ketika BAB, dan selanjutnya meninggalkan rasa nyeri di dubur. Berat ringannya penyakit ini berdasarkan seberapa besar benjolan dan bisa tidaknya benjolan tersebut kembali masuk ke dubur.

Beberapa faktor yang memicu munculnya wasir :
  1. Kurangnya asupan sayur dan buah sehingga BAB menjadi keras.
  2. Kurangnya asupan air putih sehingga BAB menjadi kering dan keras.
  3. Kebiasaan duduk dalam waktu lama.
  4. Olahraga angkat beban.
  5. Kebiasaan berhubungan seksual melalui anus.
  6. Kebiasaan mengejan ketika BAB.
  7. Kebiasaan menahan ketika ingin BAB.

Bila BAB bercampur darah ini berlangsung secara terus menerus maka dapat menyebabkan seseorang menjadi kekurangan darah dan sering muncul keluhan pusing. Untuk menghindari ambeien semakin parah maka perlu perubahan pola hidup dengan cara menghindari kebiasaan mengejan, perbanyak asupan sayur, buah, dan air putih, hindari duduk dalam jangka waktu lama, hindari makanan pedas, berendam menggunakan air hangat, oleskan salep penghilang nyeri pada benjolan.

Bila BAB disertai darah semakin sering hingga muncul keluhan pusing, benjolan tidak dapat masuk kembali ke dalam anus, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter bedah untuk penanganan lebih lanjut seperti operasi.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kenali apa itu kimchi dan manfaatnya bagi kesehatan

Apa Itu Kimchi dan Manfaatnya untuk Kesehatan?

Mungkin banyak yang sudah mengenal apa itu kimchi. Salah satu makanan populer asal Korea ini menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari melancarkan pencernaan hingga mengurangi risiko penyakit kanker.