Kenapa anak usia 2 tahun belum bisa bicara?

YM Info Penanya: YM, Wanita, 29 Tahun
Anak saya sekarang usia 23 bln.cowo dan sangat aktif.menurut saya tumbuh kembang anak saya normal2 saja tapi kenapa smpai sekarang dia kok belum bisa bicara lancar yaa??kosa kata yg dia lancar ucapkan baru "ayah,mama,maem"...klau disuruh menirukan sma sekali blum bisa.sebenernya anaknya cerewet bnget suka ngoceh2 sendiri gak jelas lafalnya.apakah anak saya normal di usia 23 bln blum bisa bicara???apa yg harus saya lakukan???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YM,

Keterlambatan bicara pada anak adalah ditandai dengan anak usia 2 tahun belum bisa menggabungkan dua kata menjadi kalimat, ataupun belum memiliki cukup banyak kosakata atau kurang dari 100 kata yang bisa disebutkan. Memang pada setiap anak dapat berbeda-beda cepat atau lambatnya kemampuan untuk berbicara tetapi perlu dilakukan evaluasi untuk meniliai apakah tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya.

Keterlambatan anak untuk bicara bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya stimulasi pada anak dari lingkungan seperti kurang diajak berbicara oleh yang mengasuh, anak cenderung pasif karena terbiasa berinteraksi dengan gadget atau televisi, anak mengalami gangguan pendengaran, ataupun adanya gangguan lain yang memicu keterlambatan bicara anak.

Ada baiknya memeriksakan anak pada dokter anak agar nantinya dilakukan kolaborasi dengan dokter psikiater anak apakah memerlukan terapi wicara untuk membantu anak agar bisa semakin meningkat kemampuan bahasa nya. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh FY
29 Jun 2020, 15:58
Keponakan saya usianya sudah 2 tahun tapi belum juga bisa bicara dan klu di panggil dia tidak merespon klu meminta sesuatu menggunakan gerakan tubuh dan ada di kagetin pun dia gk kaget apakah keponakan saya ada masalah dengan pendengaran nya dan saya harus membawa keponakan saya ke dokter spesalis apa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
02 Jul 2020, 08:19
Selamat pagi, FY.
Baik kemungkinan bisa saja ada masalah pada pendengaran ya, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis THT ya.
Dibalas oleh SU
01 Jul 2020, 21:40
Anak aku jg sma kya anak mbak nya msih 18 bln aktif suka ngoceh sendiri tpi gk jelas... Di ajakin ngomong ngerti pendengaran nya normal cman klo di ajarin ngomong suruh ngikutin gk mau mlah diem aja...
Dibalas oleh SU
01 Jul 2020, 21:40
Anak aku jg sma kya anak mbak nya msih 18 bln aktif suka ngoceh sendiri tpi gk jelas... Di ajakin ngomong ngerti pendengaran nya normal cman klo di ajarin ngomong suruh ngikutin gk mau mlah diem aja...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
02 Jul 2020, 08:22
Selamat pagi, SU.
Jika seperti itu kemungkinan anak Anda mengalami keterlambatan bicara sebaiknya segera diberikan terapi ya. Maka bisa dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak subspesialis tumbuh kembang ya.
Dibalas oleh SU
03 Jul 2020, 22:37
Kondisinya sama dengan anak saya, 24 bulan cerewet tapi tidak jelas.Sangat senang bila YM bisa berbagi info perkembangan terakhir dan langkah yang diambil biar kami yang memiliki masalah yang sama bisa mendapatkan referensi
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merangkak termasuk keterampilan motorik kasar yang dipelajari anak pada tahun pertamanya

Memahami Tahapan Perkembangan Motorik Kasar pada Anak

Keterampilan motorik kasar adalah gerakan luas yang dilakukan anak dengan melibatkan otot besar. Seiring bertambahnya usia anak, keterampilan motorik ini juga mengalami perkembangan.