Kenapa anak usia 2 tahun belum bisa bicara?

YM Info Penanya: YM, Wanita, 29 Tahun
Anak saya sekarang usia 23 bln.cowo dan sangat aktif.menurut saya tumbuh kembang anak saya normal2 saja tapi kenapa smpai sekarang dia kok belum bisa bicara lancar yaa??kosa kata yg dia lancar ucapkan baru "ayah,mama,maem"...klau disuruh menirukan sma sekali blum bisa.sebenernya anaknya cerewet bnget suka ngoceh2 sendiri gak jelas lafalnya.apakah anak saya normal di usia 23 bln blum bisa bicara???apa yg harus saya lakukan???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YM,

Keterlambatan bicara pada anak adalah ditandai dengan anak usia 2 tahun belum bisa menggabungkan dua kata menjadi kalimat, ataupun belum memiliki cukup banyak kosakata atau kurang dari 100 kata yang bisa disebutkan. Memang pada setiap anak dapat berbeda-beda cepat atau lambatnya kemampuan untuk berbicara tetapi perlu dilakukan evaluasi untuk meniliai apakah tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya.

Keterlambatan anak untuk bicara bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya stimulasi pada anak dari lingkungan seperti kurang diajak berbicara oleh yang mengasuh, anak cenderung pasif karena terbiasa berinteraksi dengan gadget atau televisi, anak mengalami gangguan pendengaran, ataupun adanya gangguan lain yang memicu keterlambatan bicara anak.

Ada baiknya memeriksakan anak pada dokter anak agar nantinya dilakukan kolaborasi dengan dokter psikiater anak apakah memerlukan terapi wicara untuk membantu anak agar bisa semakin meningkat kemampuan bahasa nya. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Waspadai perilaku rewel pada anak, yang bisa menjadi gejala stres.

Anak Juga Bisa Stres, Begini Cara Menghilangkan Stres pada Anak !

Tidak hanya pada orang dewasa, stres juga bisa terjadi pada anak-anak. Sayangnya, belum banyak orangtua yang sadar akan hal ini. Anda dapat melihat bagaimana perubahan suasana hati pada anak hingga memantau perilaku anak di sekolah untuk memastikan apakah anak Anda mengalami stres.