Kenapa anak suka menyendiri?

NL Info Penanya: NL, Wanita, 49 Tahun
Remaja 18 tahun, kehilangan ketertarikan pd dunia luar, tdk mau keluar rumah, tdk mau berkomunikasi dg siapapun, tdk mau mandi apalagi beribadah, ketergantungan pd hp, bgmn penanganannya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NL,

Berbagai keluhan yang muncul pada anak Anda berupa  kehilangan ketertarikan pada dunia luar, tidak mau keluar rumah, tidak mau berkomunikasi dengan siapapun, tidak mau mandi apalagi beribadah, ketergantungan pada HP bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  1. Stres yang berlebihan.
  2. Depresi.
  3. Adanya ancaman dari lingkungan luar.
  4. Adanya trauma.

Bila hal ini sudah berlangsung lebih dari 2 minggu dan ada gangguan seperti tidak mau mandi, gangguan pola tidur berupa sering tidur atau malah bangun sepanjang waktu, maka segera lakukan pemeriksaan ke psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk sementara waktu Anda bisa mencari informasi dari teman terdekat anak Anda apakah ada masalah tertentu yang membuat anak Anda menjadi seperti itu, serta lakukan pendekatan secara halus ke anak Anda agar mau berbagi cerita dengan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lelah berlebihan dan sangat sulit bangun pagi bisa menjadi pertanda dysania

Sering Susah Bangun Pagi? Dysania Mungkin Sedang Mendera Anda

Dysania adalah kondisi ketika seseorang sulit beranjak dari kasur di pagi hari. Alasannya bukan karena malas, tapi karena memang ‘tidak kuat’ untuk bangun, apalagi beraktivitas.