Kenapa anak suka menyendiri?

NL Info Penanya: NL, Wanita, 49 Tahun
Remaja 18 tahun, kehilangan ketertarikan pd dunia luar, tdk mau keluar rumah, tdk mau berkomunikasi dg siapapun, tdk mau mandi apalagi beribadah, ketergantungan pd hp, bgmn penanganannya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NL,

Berbagai keluhan yang muncul pada anak Anda berupa  kehilangan ketertarikan pada dunia luar, tidak mau keluar rumah, tidak mau berkomunikasi dengan siapapun, tidak mau mandi apalagi beribadah, ketergantungan pada HP bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  1. Stres yang berlebihan.
  2. Depresi.
  3. Adanya ancaman dari lingkungan luar.
  4. Adanya trauma.

Bila hal ini sudah berlangsung lebih dari 2 minggu dan ada gangguan seperti tidak mau mandi, gangguan pola tidur berupa sering tidur atau malah bangun sepanjang waktu, maka segera lakukan pemeriksaan ke psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk sementara waktu Anda bisa mencari informasi dari teman terdekat anak Anda apakah ada masalah tertentu yang membuat anak Anda menjadi seperti itu, serta lakukan pendekatan secara halus ke anak Anda agar mau berbagi cerita dengan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang tidak tahu bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.

Sebelum Anda Membantu Penderita Depresi, Pahami Gejalanya Terlebih Dahulu

Dengan banyaknya persepsi salah mengenai depresi di media sosial atau platform lainnya, menunjukkan bahwa banyak orang tidak tahu apa itu depresi dan bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.