Kenapa anak sering bisulan? Apakah karena susu?

KT Info Penanya: KT, Wanita, 26 Tahun
Pagi dok,saya punya anak angkat sekarang usianya 8 bulan, waktu 40 hari sudah tidak minum asi di ganti dengan susu formula bebelove sampai usia 6 bulan dan mulai Mpasi sy coba serelac kacang hijau ,saya pun gonta ganti rasanya promina pisang,milna sayur wortel ayam semenjak itu sering bisulen tiap bulan akhirnya aku ganti coba susunya pakai dancow ttp masih bisulen trus coba lagi susunya pakai fsianflag masih bisulen coba ganti sgm soya ttp bisulen solusinya gmn dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KT,

Bisul adalah adanya infeksi pada area kulit yang ditandai dengan benjolan yang bisa berisi nanah dan meradang. Penyebabnya sendiri bisa beragam, mulai dari infeksi pada saluran atau folikel rambut, adanya daya tahan tubuh yang kurang baik, faktor kebersihan kulit yang kurang baik, asupan protein tinggi dan lainnya.

Jika anak angkat Anda sering kali bisulan maka perlu diperhatikan penyebabnya. Alergi terhadap susu bisa juga menimbulkan keluhan pada kulit seperti kemerahan, bengkak ataupun gatal tetapi tidak selalu menimbulkan bisul. Untuk itu baiknya periksakan langsung pada dokter anak untuk mencari penyebab dari bisulan tersebut, karena juga bisa disebabkan faktor lainnya.

Upayakan menjaga kebersihan kulit anak, hindari produk perawatan yang bisa mengiritasi kulit, upayakan menjaga kebersihan kuku agar tidak menggaruk kulit yang bisa memicu bisul, dan juga bisa sementara mengganti produk susu sapi dengan produk lain seperti misalnya soya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya hati-hati dalam memilih obat untuk mengobati pilek dan flu pada anak

Cara Ampuh Mengobati Pilek dan Flu pada Anak

Meredakan pilek dan flu dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan pelembap udara (humidifier) untuk melegakan hidung yang tersumbat.