Kenapa anak jika marah senang memukul kepala sendiri?

SI Info Penanya: SI, Pria, 58 Tahun
Saya punya cucu umur 1,5 th, dia kalau marah kok senang memukul mukul kepala sendiri ,kalau saya genndong juga kadang memukul ,Jambak rambut seperti emosinya tinnggi menurut riwayat ketika lahir kena hidrocepalus atau apa ,tetapi sampe sekarang kepalanya kok biasa2 saja ,apa ada hubungannya mohon bantuan dokter terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SI,

Emosi pada anak dapat berbeda-beda dimana ekspresi anak dalam menyalurkannya pun bisa beragam tetapi orang tua perlu bisa memperhatikan hal apa yang menjadi pemicu anak menjadi marah atau meluapkan emosinya. Selain itu juga penting untuk mengajarkan anak mengenai hal yang tidak baik dilakukan seperti misalnya memukul diri sendiri ataupun orang lain. Jika anak sering kali meluapkan emosi dengan memukul diri sendiri atau menjambak rambut orang lain maka perlu diperhatikan agar mendapat penanganan yang lebih ekstra.

Perhatikan jika anak menjadi sensitif apa yang menjadi pemicunya, berikan perhatian dan empati agar anak mampu mengelola emosinya. Ketika anak marah bisa mendisplinkan anak dengan cara-cara seperti mengajaknya mengatur napas, atau mengajarkan anak mengalihkan emosi atau meluapkan emosi dengan cara lain seperti saat menangis meminta anak berhitung 1-10 dengan berteriak sehingga emosi anak bisa teredam atau tersalurkan pada aktivitas lain tidak memukul atau menyakiti diri.

Berikan juga pengertian pada anak untuk bisa berempati bahwa apa yang dilakukan dapat menyakiti diri sendiri dan orang lain seperti berpura-pura menangis ketika anak menjambak atau memukul, mengajarkan anak untuk meminta maaf jika melakukan hal seperti memukul, berikan juga waktu pada anak untuk menenangkan diri ataupun aktivitas yang membuatnya tenang. Jika masih kesulitan ada baiknya memeriksakan diri dan berkonsultasi pada dokter psikiater anak atau pada psikolog anak untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gaya belajar ternyata memengaruhi anak malas belajar

Anak Malas Belajar? Coba Telusuri Akar Permasalahannya

Anak malas belajar atau membaca buku dapat disebabkan oleh beberapa alasan, misalnya gaya belajar yang tidak sesuai dan bullying. Untuk mengatasinya, dukung dan dampingi anak agar bisa mengetahui gaya belajar yang efektif untuknya.