Kenapa anak buang air mengejan?

DA Info Penanya: DA, Wanita
Dok mau tanya,ank saya umur 8bln 3hr ini sering mengejan BAK,BAB dan kentut pun mengejan..Dan sekarang d bagian anus dlmny terlihat merah pd saat dia mengejan dan setelah mengejan keluar cairan putih kira2 apa ya dok???Mohon informasinya..terima kasih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DA,

Anak yang mengejan saat buang air dapat menandakan adanya gangguan seperti misalnya karena tinja yang keras ataupun adanya keluhan lain. Dalam hal ini karena anak masih kurang dari 1 tahun ada baiknya memeriksakan anak Anda secara langsung pada dokter spesialis anak untuk memastikan penyebabnya.

Adanya infeksi seperti infeksi parasit seperti infeksi kecacingan ataupun adanya polip atau infeksi lain seperti infeksi bakteri bisa menjadi penyebabnya. Upayakan untuk memberikan anak lebih banyak minum, konsumsi sayuran atau buah-buahan sebagai makanan pendamping asi dan perhatikan apakah ada perubahan pada susu yang diberikan agar bisa memberikan informasi pada dokter untuk membantu mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.