Kenapa anak 1 tahun belum bisa berdiri tegak?

VA Info Penanya: VA, Wanita
Dr anak sayah 1 th tp belum bisa berdiri tegak / merondoang belum bisa aktip kaya kembaran yah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam VA,

Perkembangan pada setiap anak memang akan berbeda-beda, termasuk dengan saudara kembarnya. Pada umumnya ketika berumur 1 tahun maka anak dapat mengangkat tubuhnya untuk posisi berdiri, dan bertahan selama 30 detik dengan berpegangan dengan benda yang ada di sekitarnya, mulai belajar berjalan dengan cara ditatih. Tumbuh kembang anak juga ditentukan oleh berat badan saat lahir, usia kehamilan ketika dilahirkan, serta berat badan saat ini dan ada tidaknya stimulus yang diberikan kepada anak, serta ada tidaknya kelainan yang diderita seperti hidrosefalus.

Sebaiknya Anda lebih bersabar untuk melatih dan merangsang anak agar dapat berdiri lebih lama, namun jangan memaksa terlalu berlebihan, gunakan mainan atau benda-benda dengan warna mencolok yang diletakkan di meja sehingga merangsang anak untuk berdiri dan berusaha menggapai.

Namun bila ada perbedaan yang sangat jauh dengan saudara kembarnya, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter anak, agar tidak terlambat penanganannya.

Salam sehat,

dr. Vina.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak atau bayi yang terpapar bakteri justru memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik

Berlebihan Menjaga Kebersihan Justru Membuat Anak Mudah Sakit

Melarang anak untuk main keluar karena takut kotor ternyata bisa jadi bumerang bagi orang tua. Pasalnya, teori Hygiene Hypothesis menyebutkan bahwa bakteri baik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Jika anak Anda terpapar bakteri-bakteri yang ada di lingkungan sekitar, sistem imunnya belajar untuk beradaptasi dan mengatur perlindungan yang diperlukan. Hal itu dapat menurunkan risiko alergi dan asma di kemudian hari. Walaupun begitu, anak Anda harus tetap menjaga kebersihan agar ter