Kenapa anak 1 tahun belum bisa berdiri tegak?

VA Info Penanya: VA, Wanita
Dr anak sayah 1 th tp belum bisa berdiri tegak / merondoang belum bisa aktip kaya kembaran yah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam VA,

Perkembangan pada setiap anak memang akan berbeda-beda, termasuk dengan saudara kembarnya. Pada umumnya ketika berumur 1 tahun maka anak dapat mengangkat tubuhnya untuk posisi berdiri, dan bertahan selama 30 detik dengan berpegangan dengan benda yang ada di sekitarnya, mulai belajar berjalan dengan cara ditatih. Tumbuh kembang anak juga ditentukan oleh berat badan saat lahir, usia kehamilan ketika dilahirkan, serta berat badan saat ini dan ada tidaknya stimulus yang diberikan kepada anak, serta ada tidaknya kelainan yang diderita seperti hidrosefalus.

Sebaiknya Anda lebih bersabar untuk melatih dan merangsang anak agar dapat berdiri lebih lama, namun jangan memaksa terlalu berlebihan, gunakan mainan atau benda-benda dengan warna mencolok yang diletakkan di meja sehingga merangsang anak untuk berdiri dan berusaha menggapai.

Namun bila ada perbedaan yang sangat jauh dengan saudara kembarnya, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter anak, agar tidak terlambat penanganannya.

Salam sehat,

dr. Vina.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stunting dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada ibu hamil dan anak

Pencegahan Stunting Penting Dilakukan, Ini Caranya

Stunting atau masalah gizi pada anak sangat penting untuk dicegah. Hal itu disebabkan stunting memengaruhi tumbuh kembang anak. Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan dan pemberian asupan nutrisi yang cukup pada anak. Oleh karena itu, stunting dan upaya pencegahannya sangat penting untuk diketahui oleh para wanita yang berencana atau sudah memiliki anak.