Kenapa air liur terasa sangat banyak?

YR Info Penanya: YR, Pria
Dok kenapa saya sering muntah saat gosok gigi. Dan saya sering meludah. Krn air liur saya terasa sanhat banyak.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam YR,

Hipersalivasi adalah keadaan dimana kelenjar air liur seseorang memproduksi air liur lebih banyak dibanding pada keadaan normal.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hipersalivasi :

  1. Gangguan lambung. Kelainan ini menyebabkan produksi asam lambung semakin meningkat, dan tubuh memiliki sistem pertahanan tubuh dengan cara memproduksi air liur lebih banyak agar asam lambung ini tidak merusak gigi dan tenggorokan.
  2. Adanya infeksi di rongga mulut seperti gigi yang berlubang, abses gusi.
  3. Kebiasaan mengonsumsi makanan/ permen yang terlalu asam.

Sedangkan keluhan sering muntah ketika menggosok gigi bisa disebabkan menggosok lidah terlalu dalam, sehingga memicu refleks muntah yang ada di lidah bagian belakang.

Untuk mengurangi gejala hipersalivasi dan mual, maka perlu menjaga pola makan seperti hindari makanan asam dan pedas, makan dengan porsi kecil namun sering, perbanyak konsumsi air putih, rutin menggosok gigi, berkumur menggunakan air dingin.

Bila gejala hipersalivasi ini semakin memberat dan menimbulkan bau mulut, maka segera periksakan diri ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

7 obat untuk gigi ngilu yang Anda bisa temukan di rumah

7 Alternatif Obat Gigi Ngilu yan Bisa Ditemukan di Rumah

Gigi ngliu memang tidak mengenakkan. Untuk tahu bagaimana cara mengobati gigi ngilu dan sensitif di rumah, harus dikenali betul titik sensitifnya. Beberapa alternatif obat alami untuk redakan rasa gigi ngilu adalah air garam, madu, hingga pasta gigi.