Kenapa air kencing warnanya berubah-ubah?

PJ Info Penanya: PJ
dok saya mau tanya kenapa ya setiap saya buang air kecil warnanya berubah ubah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PJ

Warna urine biasanya berkisar dari kuning pucat sampai kuning kecoklatan. Disebabkan karena adanya urobilin. Warnanya tergantung pengencerannya, bila dalam kondisi dehidrasi dan kurang cairan maka lebih pekat sehingga warnanya lebih gelap. Semakin banyak minum maka warnya semakin terang dan pucat. Selain itu ada pengaruh juga dari komposisi makanan dan obat yang ada di dalam tubuh. 

Warna air kencing yang normal harus dalam kisaran kekuningan. Jika warnanya coklat atau abu-abu maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Apalagi kalau warnanya merah, hijau atau biru. Dari faktor makanan, seperti buah beri yang mengandung pewarna alamiah atau jika makanan yang menggunakan pewarna makanan yang banyak maka warnanya bisa berubah.

Vitamin B kompleks sering mengakibatkan kencing menjadi kuning kehijauan. Maka jika Anda menggunakan suplemen multivitamin maka warna kencing bisa menjadi terang. Terlalu banyak vitamin C atau vitamin A bisa membuat kencing berwarna jingga atau kuning gelap. Jadi Anda perlu banyak minum air putih. Jika warna kencing Anda sampai bening berarti asupan air putih Anda sudah sangat baik. 

Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel mengenai makna di balik warna urine.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.