Kenapa ada rasa susah bersosialisasi dan ingin selalu di rumah?

RS Info Penanya: RS
saya mau tanya, kenapa ya saya sepertinya susah bersosialisasi. setiap hari rasanya mau di rumah terus.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RSS,

Manusia dibekali fisik dan psikis oleh tuhan, dimana keduanya perlu dijaga kesehatanya agar tubuh berfungsi dengan baik. Pada beberapa kondisi adanya penyakit atau masalah pada jasmani seseorang bisa disebabkan oleh gangguan/masalah yang terjadi pada sisi psikis atau jiwa seseorang, misal suati contoh seorang anak yang takut akan disuntik jikalau dia melihat jarum suntik saja bisa membuat ketakutan berlebih, keringat dingin hingga pingsan padahal dia tidak disuntik. Hal ini sebagai contoh adanya korelasi atau hubunga yang erat antara psikis dengan jasmani seseorang.

Seseorang mempunyai mekanisme bermacam tipe dalam menghadapi masalah di dalam hidupnya, diantaranya ada yang langsung menghadapi masalah yang di hadapi, ada juga pula yang cenderung melarikan diri dari masalah. Hal ini juga bisa berhubungan dengan sifat sesorang. Pada seseorang extrovert akan cenderung menghadapi masalah yang dihadapi dengan lebih terbuka sedangkan seorang introvert lebih suka memendam masalah dam terkadang tidak mau meceritakan masalahnya dengan orang lain sehingga lebih senang menghindar dari orang lain terutama ada yang mengungkit masalah yang dihadapinya.

Pada beberapa kondisi tertentu bisa membuat perubahan sikap dan perilaku seseorang diantaranya

  • Anxiety atau gangguan cemas, hal ini bisa disebabkan seseorang mengkhawatirkan banyak hal dan terkadang terjadi setelah mengalami kejadian yang tidak enak/trauma
  • Depresi, hal ini cenderung disebabkan karena seseorang mendapat sesuatu yang tidak dia suka misal kematian orang yang dicintai/musibah/gagal dalam pekerjaan atau belajar yang menyebabkan orang tersebut lebih suka menyendiri dan disertai merasa tidak berguna, badan lemas dan tidak bertenaga
  • PTSD yakni kelainan atau adanya perubahan pada sikap seseorang disebabkan adanya trauma hebat yang belum pernah dia rasakan sebelumya sehingga meninggalkan bekas ingatan kepedihan di hati. Hal ini bisa membuat perubahan seseorang menjadi 180 derajat, dimana awalnya periang serta friendly menjadi lebih agresive dan suka menyerang.

Berikut saya sertakan artikel mengenai Penyebab depresi untuk menambah wawasan. Konsultasikan dengan dokter spesialis kejiwaan apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan kecemasan dapat memengaruhi perasaan dan perilaku

Mengenal 6 Jenis Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan istilah yang umum digunakan untuk beberapa penyebab rasa gugup, ketakutan, dan kekhawatiran. Terdapat 6 jenis gangguan kecemasan dan memiliki penyebab serta gejala yang berbeda.