Kenapa ada kulit yang mengeras di bekas jahitan sunat?

RS Info Penanya: RS
Dok saya disunat udah 15 tahunan & baru tau ada kulit sisa jahitan di dekat frenulum kiri. Ukurannya 1.5cm sprti kulit yang disambung2 & saat dipegang dalamnya terasa ada yg keras (tdk sakit saat dipegang). Selama 15 tahunan setelah sunat, blm ada keluhan kelainan apapun baik saat ereksi/buang air kecil.illustrasinya seperti ini (maaf NSFW / gambar vulgar): https://www.urologicalcare.com/upload/iblock/879/adec9439015c24f4e45e5fa900afedf8.jpgPertanyaan saya apakah itu normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RS,

Adanya kulit yang tersa seperti tersambung di jahitan pasca sunat sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti pada pembahasan di live chat kami. Penyebabnya bisa karena bekas luka atau scar karena jahitan ataupun timbul karena adanya infeksi pada kulit area kelamin. 

Untuk itu guna memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter spesialis urologi ataupun dokter kulit dan kelamin untuk memastikan apa yang menjadi penyebabnya. Untuk prosedur pemeriksaan sendiri akan meliputi wawancara medis mengenai gejala yang timbul. Pemeriksaan fisik lalu baru ditentukan apakah perlu dilakukan pemeriksaan tambahan seperti misalnya lab darah, pemeriksaan sampel kerokan kulit, atau pemeriksaan lainnya.

Nantinya juga akan ditanyakan mengenai riwayat seksual ataupun ada tidaknya gejala lain yang timbul agar ditentukan penyebabnya dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulup penis yang terlalu ketat sering sekali dialami oleh pria yang belum sunat

Ini Dia Penyebab Kulup Penis Terlalu Ketat

Kulup penis yang ketat adalah gangguan yang terjadi pada pria yang belum melakukan prosesi sunat. Infeksi penyakit seksual dapat menjadi salah satu penyebabnya. Keadaan kulup penis yang mengetat jarang menimbulkan kondisi medis yang berbahaya.