Kenapa ada bintik vagina dan bertambah?

V Info Penanya: V
Dok saya mau bertanya saya kan belum menikah, di daerah miss itu ada semacam ada bintil2 kecil, kalo d cebokin itu berasa kek melentung itu kenapa yaa dok??Dulu cuma melentung 1 sekarang nambah. Apakah itu berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi V,

Bintik-bintik kecil atau benjolan kecil pada vagina adalah merupakan kondisi yang bisa disebabkan oleh beragam penyebab seperti misalnya infeksi kulit area sekitar vagina seperti akibat infeksi bakteri, peradangan saluran akar rambut kemaluan, kutu rambut kemaluan, infeksi virus seperti kutil, herpes, ataupun molluscum contagiosum, ataupun penyebab lainnya. 

Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan langsung pada dokter atau dokter spesialis kulit dan kelamin.

Jika penyebabnya adalah infeksi maka akan diberikan pengobatan sesuai dengan penyebabnya dimana jika disebabkan oleh infeksi virus akan diberikan antivirus ataupun tindakan untuk menghilangkan bintik tersebut dan jika penyebabnya adalah infeksi bakteri maka akan diberikan obat antibakteri.

Jangan pecahkan atau menggaruk agar tidak terjadi iritasi atau infeksi yang bisa membuat bintil membesar ataupun bertambah banyak, upayakan menjaga kebersihan area kemaluan terutama setelah buang air agar tetap bersih dan kering, rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam agar terhindar dari risiko kesehatan yang bisa terjadi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

A
03 Dec 2019, 22:32
Saya sudah penah cek up untuk mendaftar tni tapi setelah cek sya hanya di tanya punya pacar/pernah pacaran tdk. Tapi tdk dijelaskan keadaan selaput dara nya.Tapi saya mencoba bertanya bagaimana jika selaput dara itu sobek entah karena kecelakaan/kegiatan2 Dan bidan menjawab. Jika ada robekan nanti di visumTapi saya tidak di visum dan hasil cek up saya "hymen tdk ada trauma"Tapi saya masih bingung dok dgn hasil itu.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu kemaluan adalah salah satu penyebab rambut kemaluan gatal dan ruam kemerahan, hingga iritasi

Benarkah Kutu Menjadi Penyebab Rambut Kemaluan Gatal?

Kontak seksual menjadi faktor utama penularan kutu kemaluan. Gejala rambut kemaluan gatal adalah ruam, kemerahan, iritasi hingga gatal terutama pada malam hari. Salah satu cara mengatasinya adalah mencuci handuk dengan air panas.