Kenapa ada bintik mata?

ES Info Penanya: ES, Wanita, 21 Tahun
dibagian bola mata hitam kadang kadang muncul bintik bintik putih kadang ilang kalo ditetesin obat mata dan muncul lagi itu sudah berulang kaliberbahaya tidak dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ES,

Floaters adalah bintik-bintik atau bayangan yang muncul ketika mata menatap objek dengan latar belakang terang seperti melihat kertas putih, dinding, atau langit biru. Bayangan ini ikut bergerak bila Anda menggerakkan bola mata.

Hal ini terjadi akibat adanya kotoran di dalam bola mata yang disebabkan oleh :

  • Infeksi pada mata bagian belakang.
  • Perdarahan.
  • Robekan retina.
  • Riwayat operasi mata.
  • Faktor usia tua.

Pada umumnya dokter akan meresepkan obat tetes mata selama 3 bulan setelah melakukan pemeriksaan mata. Bila dalam jangka waktu 3 bulan masih ada bayangan yang melayang-layang, maka bayangan tersebut akan menetap.

Pada umumnya floaters ini tidak memerlukan tindakan operasi, namun bila mendadak tampak bayangan semakin banyak, atau tampak kilatan-kilatan cahaya maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter mata. Karena bisa saja pertanda adanya robekan retina yang bila tidak segera ditangani bisa berakibat kebutaan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kedutan mata kanan atas memiliki banyak mitos

Mengenal Arti Kedutan Mata Kanan Atas

Kedutan mata kanan atas sering kali dikaitkan dengan berbagai mitos dan hal mistis. Padahal di dunia medis, kedutan mata kanan atas juga memiliki banyak makna.