Kenapa ada benjolan di telinga?

AS Info Penanya: AS, Pria, 18 Tahun
Hallo dok saya mau bertanya, mohon di jawab ia, saya seorang pria yg berumur 18 tahun, di telingan saya ada benjolan di bagian tempat yg sering di bolongin pada telinga wanita, nah di telinga saya benjolnya di situ, kalo dari luar itu nggak kelihatan benjolannya, tapi kalo pas saya pegang terasa banget ada benjolannya, benjolannya sakit kalo di pegang, itu apa ia dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Keluhan benjolan pada daun telinga yang terasa nyeri seringkali disebabkan oleh adanya infeksi jaringan di dalam kulit telinga. Hal ini bisa disebabkan gigitan binatang atau adanya trauma yang tidak disadari dan terinfeksi bakteri.

Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah agar benjolan tidak bertambah besar atau untuk mengurangi keluhan nyeri adalah dengan cara :
  1. Hindari memencet atau menyentuh benjolan secara terus menerus.
  2. Kompres benjolan menggunakan air hangat.
  3. Hindari menggaruk benjolan.

Bila keluhan dirasakan semakin nyeri, muncul kemerahan dan benjolan semakin membesar maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengeluarkan air dari telinga dapat dilakukan dengan menggoyangkan kepala

Bagaimana Cara Mengeluarkan Air dari Telinga?

Air bisa saja masuk ke dalam telinga saat Anda sedang berenang. Cara mengeluarkan air dari telinga secara salah malah dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi telinga.