Kenapa ada benjolan di telinga?

AS Info Penanya: AS, Pria, 18 Tahun
Hallo dok saya mau bertanya, mohon di jawab ia, saya seorang pria yg berumur 18 tahun, di telingan saya ada benjolan di bagian tempat yg sering di bolongin pada telinga wanita, nah di telinga saya benjolnya di situ, kalo dari luar itu nggak kelihatan benjolannya, tapi kalo pas saya pegang terasa banget ada benjolannya, benjolannya sakit kalo di pegang, itu apa ia dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Keluhan benjolan pada daun telinga yang terasa nyeri seringkali disebabkan oleh adanya infeksi jaringan di dalam kulit telinga. Hal ini bisa disebabkan gigitan binatang atau adanya trauma yang tidak disadari dan terinfeksi bakteri.

Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah agar benjolan tidak bertambah besar atau untuk mengurangi keluhan nyeri adalah dengan cara :
  1. Hindari memencet atau menyentuh benjolan secara terus menerus.
  2. Kompres benjolan menggunakan air hangat.
  3. Hindari menggaruk benjolan.

Bila keluhan dirasakan semakin nyeri, muncul kemerahan dan benjolan semakin membesar maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gendang telinga pecah merupakan penyakit telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak

Penyebab Gendang Telinga Pecah pada Anak Ini Perlu Diwaspadai Orangtua

Gendang telinga pecah merupakan masalah telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak. Gendang telinga pecah pada anak mengakibatkan berbagai gejala menyakitkan. Hal ini dapat dipicu oleh cara membersihkan telinga anak yang tidak tepat.