Kenapa ada benjolan di bibir dalam?

AS Info Penanya: AS, Pria, 34 Tahun
Pagi dok..saya mau tanya..Di dinding bibir dalam ada benjolan seperti sariawan tapi ngga sakit itu kenapa ya dok.?Da apa obatnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Benjolan pada bibir dalam adalah gejala yang bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti sumbatan pada kelenjar ludah atau disebut mucocele, abses di gusi atau kumpulan nanah di gusi, polip atau pertumbuhan jaringan lunak seperti pada pulpa gigi, infeksi seperti infeksi virus, reaksi alergi dan penyebab lainnya.

Mucocele sendiri merupakan benjolan yang dapat timbul di bagian dinding mulut seperti pada bibir dalam ataupun area lain di mulut. Penyebabnya bisa karena kebiasaan menggigit bibir, benturan, trauma seperti karena pemasangan tindikan ataupun trauma karena gigi yang letaknya tidak baik atau lebih tajam.

Untuk mengatasinya sendiri tidak jarang mucocele hilang dengan sendiri, tetapi jika cukup besar dan menggangu dapat diperiksakan pada dokter gigi untuk dilakukan tindakan untuk menghilangkannya seperti dengan operasi kecil, ataupun dengan teknik lain sesuai dengan kondisi benjolan yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peningkatan plak gigi merupakan gangguan gigi akibat mulut kering

Mulut Terasa Kering? Waspadai Penyebab dan Akibatnya!

Mulut terasa kering biasanya disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu, narkotika, dan alkohol. Kadang-kadang, mulut kering menimbulkan luka dalam mulut dan mulut berbau tak sedap. Namun, mulut kering juga dapat mengindikasikan gangguan gigi yang serius, seperti peningkatan plak gigi dan kerusakan gigi. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengunyah permen karet untuk menstimulasi produksi air liur dalam mulut Anda.