Kenali penyebab depresi

ND Info Penanya: ND
Apa penyebab kita terkena depresi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N.

Setiap manusia pernah mengalami hari-hari ketika merasa sedih, kesepian, dan berada dalam mood yang jelek dari waktu ke waktu. Hal ini tidak akan berlangsung lama jika keadaanya normal, dan akan ceria lagi pada lain kesempatan. Ketika seseorang tampak sedih tidak bisa kita artikan sebagai gejala depresi, namun jika kesedihan dan perasaan negatif tersebut menetap atau jika timbul perilaku yang mengganggu aktivitas sosial dan kehidupannya , maka mungkin saja hal itu mengindikasikan gangguan depresif.

Penyebab Depresi :

  1. Faktor biologis
  2. Faktor psikososial
  3. Faktor genetik

Gejala depresi :
Gejala utama 
- Mood depresif (sedih, murung)
- Kehilangan minat dan kegembiraan
- Mudah lelah
Gejala lainnya
- Konsentrasi dan perhatian berkurang
- Harga diri dan kepercayaan diri berkurang
- Gagasan tentang rasa bersalah dan tidak berguna
- Pandangan masa depan yang suram dan pesimistik
- Gangguan tidur
- Napsu makan berkurang
- Ide bunuh diri

Jika dicurigai terkena depresi sebaiknya berkonsultasi dengan psikiater (dokter spesialis kejiwaan), dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti tanya jawab lebih detail, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, mengisi quesioner, agar dapat dipastikan depresi atau tidak, sehingga dapat ditangani secara tepat dan cepat. 

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu efek setelah keguguran yang bisa dialami oleh pihak wanita adalah peningkatan rasa sedih yang dapat memicu depresi

Setelah Keguguran: Efek dan Cara Mengatasi Keguguran

Efek setelah keguguran tidak hanya meliputi fisik saja, tetapi juga mental. Setelah keguguran, orangtua bisa mengalami berbagai emosi negatif, seperti kemarahan, rasa duka, dan sebagainya. Cara mengatasi keguguran bisa dilakukan dengan menghadapinya sebagai pasangan dan mencari dukungan dari orang-orang sekitar.